Tingkatan Pemanfaatan TIK Bagi ASN, Dinas Kominfo Sergai Gelar Pelatihan dan Sosialiasi

Sei Rampah, Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keahlian para ASN khususnya di bidang teknologi, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar acara Sosialisasi dan Pelatihan Peningkatan, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (30/7/2019).

Acara dibuka oleh Wabup Sergai H Darma Wijaya yang diwakili Asisten Pemerintahan Umum Drs Herlan Panggabean, turut dihadiri juga Kadis Kominfo Drs H Akmal, M.Si beserta jajaran, OPD dan kecamatan serta puluhan peserta dari perwakilan OPD se-Sergai.

Dalam sambutan Wabup H Darma Wijaya yang dibacakan Asisten Pemerintahan Umum Drs Herlan Panggabean menyinggung soal luasnya pemanfaatan TIK dalam bidang pemerintahan. Pemanfaatan ini ditujukan agar seluruh elemen pemerintah mulai dari staf hingga jenjang yang lebih tinggi dapat memaksimalkan teknologi informasi yang ada, untuk memudahkan pelaksanaan tugas dan pekerjaaan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Selain itu, tambahnya, pemanfaatan TIK dalam pemerintahaan juga berfungsi agar pelayanan kepada masyarakat dapat lebih efisien. “ Melalui TIK masyarakat akan lebih mudah dan lebih cepat untuk mengakses informasi dari pemerintah,” ujarnya.

Wabup berharap agar kiranya selain penerapan surat keluar pada aplikasi Sisumaker, hendaknya ASN juga harus menyiapkan diri guna penerapan TIK dalam menunjang kinerja pemerintahan seperti pemanfaatan e-mail serta pemahaman teknis dasar komunikasi data center melalui jaringan internet dan intranet terintegrasi se-Kebupaten Sergai, ujarnya.

Sebelumnya Ketua Panitia kegiatan yang juga Kabid Penyelenggaraan E-Government, Sudiyono, S.Kom melaporkan tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta membuka pola pikir atau paradigma ASN sekaligus unsur pemerintahan di lingkungan Pemkab Sergai dalam memanfaatkan dan memaksimalkan TIK.

“Melalui pelatihan peningkatan dan pemanfaatan TIK ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian para ASN dalam pemanfaatan TIK sehingga memudahkan tugas dan pekerjaan sesuai dengan tupoksi masing-masing,” ungkapnya dalam kesimpulan.

Rangkaian acara berlangsung dalam format presentasi yang dilakukan Tenaga Ahli Dinas Kominfo, Sekretaris Kominfo M. Fadhil Isa S.STP dan diisi juga oleh Premiere.co.id serta View Sonic dalam rangka memperkenalkan produk unggulannya di bidang IT dan telah terdaftar di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).(Mc/Sergai/Nurul)

239 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *