Implementasikan Program Inovasi Desa, Pemkab Sergai Gelar Rakor Tim Inovasi Kabupaten

Deli Serdang,

Program inovasi desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda nawacita dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional tahun 2015-2019 yang dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas, agar dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya manusia yang berdaya saing.

Hal ini dikemukakan Plh Bupati Serdang Bedagai (Sergai)  Darma Wijaya dalam sambutan tertulis yang Bupati yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan Umum Setdakab Sergai Drs.Herlan Panggabean saat membuka kegiatan rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten  Sergai bertempat di Wing Hotel, Deli Serdang (7/8). Kegiatan ini diinisiasi oleh dinas  Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan dihadiri oleh 68 orang peserta yang terdiri dari Tim Inovasi Kabupaten , Ketua Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) , Bendahara TPID dan para pendamping desa .

Disampaikan pula bahwa  komunikasi dan diskusi dua arah yang dinamis  merupakan aspek penting dalam pelaksanaan program inovasi desa demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat menuju kabupaten Sergai yang unggul, inovatif, dan berkelanjutan. Untuk itu, diperlukan sinergitas antara pemerintah dan desa  untuk berkoordinasi dan bersinergi menjalankan program yang sudah dibuat.

Untuk itu acara yang dilangsungkan selama 3 hari ini berfokus untuk menyamakan gerak langkah dalam mensukseskan program Inovasi desa  dengan cara menganalisa dan mengevaluasi kinerja   tim pelaksana inovasi desa serta merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan inovasi desa tersebut. Diharapkan agar masyarakat desa memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan serta dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan kader Pemberdayaan masyarakat di desanya masing-masing.

Pada kesempatan yang sama,  Kadis PMD Sergai H.  ikhsan,  AP, M.Si yang turut hadir bersama Sekretaris Dinas Hj.  Syahriati Lubis mengemukakan bahwa tidak melakukan inovasi adalah sebuah kesalahan karena masyarakat kita akan terus berubah dan kebutuhan yang ada juga akan terus berkembang.  Untuk itu,  desa khususnya harus melakukan inovasi-inovasi untuk mengembangkan khususnya pelayanan dasar bagi masyarakat.  Menjawab segala kebutuhan yang ada saat ini,  dibutuhkan program-program yang inovatif yang perlu terus direncanakan secara serius dan terus menerus.  Diharapkan pertemuan ini akan merumuskan langkah strategis demi menciptakan program desa yang inovatif di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat yang unggul,  inovatif dan berkelanjutan. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *