Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Kabupaten Sergai Tahun 2019

Ny Hj Marliah Soekirman : Posyandu Merupakan Langkah Strategis Dalam Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

Sei Rampah,

Dalam upaya meningkatkan komunikasi yang efektif serta meningkatkan pemahaman dalam pemberdayaan masyarakat pada pos pelayanan terpadu (Posyandu), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui TP PKK menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Kader Posyandu Kabupaten Sergai Tahun 2019 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (27/8/2019).

Hadir dalam acara Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, jajaran TP PKK Sergai, narasumber Syahrul Komara M.Psi.C.Ht.CI.CTA.PCC.M.NLP, narasumber dari Dinas Kesehatan Sergai serta Kades Posyandu dari 17 kecamatan se-Sergai.

Saat membuka acara Ny Hj Marliah Soekirman menyampaikan bahwa Posyandu merupakan langkah yang cukup strategis dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia dalam upaya membangun Indonesia sehat.

 

Sedangkan manfaat Posyandu bagi masyarakat adalah untuk memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi anak balita, ibu, pertumbuhan anak balita terpantau, sehingga tidak mederita kurang gizi buruk. Sedangkan manfaat bagi kader adalah mendapatkan berbagai informasi kesehatan lebih dahulu dan lebih lengkap tentunya, kata Hj Marliah.

“ Posyandu yang kita laksanakan ini tidak saja untuk balita, tetapi sekarang ini Posyandu juga sebagai fasilitas khusus untuk lanjut usia (Lansia). Dimana para lansia mempunyai hak yang sama untuk memperoleh kesehatan dan kesejahteraan,” ujar Ketua TP PKK.

 Disamping itu, tambahnya, ada lima kegiatan utama dalam Posyandu, yaitu Posyandu yang terintegrasi dengan kegiatan, bina keluarga balita, tanaman obat keluarga, bina keluarga lansia, pos pendidikan anak usia dini, dan kegiatan lain yang menyangkut program pembangunan masyarakat, tandas Hj. Marliah.

Sebelumnya Panitia penyelenggara Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya melaporkan bahwa tujuan dan sasaran dari kegiatan adalah untuk pencegahan stunting (gizi buruk) di Sergai, terlatihnya Kader-Kader Posyandu yang mempunyai dedikasi, dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta dapat memberikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 135 Kader yang berasal dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Sergai, ungkap Hj Rosmaida. MC Sergai/vivi

13 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *