TP PKK Sergai Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengurus Poksus UP2K Desa  

Sei Rampah, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui Tim Penggerak (TP) PKK menggelar Pelatihan Peningatan Kapasitas Pengurus Kelompok Khusus (Poksus) Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Desa di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (29/8/2019).

Turut serta dalam acara, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman Ketua DWP Ny Hj drg Khairani Hadi Winarno, para narasumber dari Fakultas Teknis USU, Associate Professor dan Lektor Fakultas Teknik USU, para Kader PKK se-Sergai.

Dalam arahan dan bimbingannya, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman  mengatakan bahwa UP2K PKK ditingkat rumah tangga merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkan perekonommian keluarga. Dibawah kendali TP PKK Desa terutama dalam pelaksanaannya adalah kelompok kerja.

Lebih lanjut disampaikannya, pemberdayaan ekonommi keluarga dapat meningkat dan terwujud bersama-sama dalam keluarga, secara bergotong royong dan berswadaya serta dikelola dalam satu wadah yaitu Poksus UP2K.

“ Para kader TP Penggerak PKK yang pada umumnya sebagai ibu rumah tangga, dapat berkiprah sebagai motivator dalam memanfaatkan sisa waktu, menggerakan anggota PKK untuk berkiprah memanfaatkan kelembagaan ekonomi milik kita yaitu UP2K dalam membentuk kelompok pelaksana dalam mengolah potensi di daerah kita masing-masing,” katanya.

Oleh karenanya Hj Marliah berharap Poksus UP2K harus mampu membantu modal usaha, bagi usaha ekonomi lemah untuk menumbukan kewirausahaan. Kemudian membantu mengembangkan usaha bagi yang membutuhkan penambahan modal serta membantu mengembangkan usaha dan menumbuhkembangkan usaha dengan bekerjasama atau bermitra dengan badan usaha milik desa (BUM Desa), harap Hj Marliah.

Sementara itu Ketua DWP Ny Hj drg Khairani Hadi Winarno dalam laporan kegiatannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan digelarnya acara ini adalah agar terlatihnya Kader-Kader Poksus dalam sistem pemasaran prodak dan kemasan, termotivasinya dalam pengembangan kemitra usahaan dalam pemberdayaan UP2K.

Selanjutnya agar terbangunnya kemitraan dalam permodalan dalam menunjang usaha Poksus UP2K. Sedangkan materi yang disajikan adalah pengenalan dasar-dasar kemasan dan sistem pemasaran produk, ungkapnya. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *