Pemkab Sergai Komitmen Tingkatkan Upaya Perlindungan Konsumen

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Darma Wijaya, resmi membuka Rapat Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Kabupaten Sergai dalam rangka pembentukan Daerah Tertib Ukur (DTU) yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (2/9/2019).

Saat menyampaikan arahannya Wabup mengatakan jika Kabupaten Sergai telah melakukan upaya perlindungan konsumen dengan dilaksanakannya pelayanan Tera/Tera Ulang yang dilakukan oeh Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam hal ini UPT Metrologi Legal Kabupaten Sergai. “ Hal ini berdampak pada penorehan prestasi yang cukup membanggakan yaitu dengan diraihnya predikat Pasar Tertib Ukur yang diperoleh dua pasar tradisional, yaitu Pasar Sei Rampah dan Pasar Dolok Masihul pada tahun 2018,” katanya.

Wabup secara khusus berharap kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dapat melakukan pembinaan. “ Harapan kami BPKP Sumut secara intensif dan berkelanjutan melakukan pembinaan pada aspek maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Kabupaten Sergai.” harapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sergai, Hj. Nina Deliana H, S.Sos, M.Si, menyebut pembentukan Daerah Tertib Ukur sendiri memiliki tujuan antara lain masyarakat sebagai konsumen memperoleh jaminan kebenaran kuanta barang yang dibeli, meningkatnya partisipasi masyarakat dan pemerintah daerah dalam mewujudkan tertib ukur dan perlindungan konsumen, mendorong pemerintah daerah untuk mengelola alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) dengan baik dan benar, kata Nina.

Rapat ini ditandai dengan penandatanganan komitmen kerja pembentukan Daerah Tertib Ukur tahun 2019 antara PLN, PDAM Tirta Deli, dan Pemerintah Kabupaten Sergai yang diwakili oleh Wakil Bupati.

Selain itu disela-sela rapat juga disampaikan materi oleh Kabid BPBD Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Kabupaten Sergai, Irmayanti SP, M.Si, mengenai forum peduli penanganan pasca bencana Sergai (Folicana).

Turut hadir dalam rapat para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, Camat se-Sergai, Kepala Perwakilan BPKP Provsu Yong Andi Atmoko, perwakilan PLN UP3 Lubuk Pakam, perwakilan PLN ULP Sei Rampah dan perwakilan PDAM Tirta Deli Kabupaten Deli Serdang.(Mc/Sergai/Nurul)

296 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *