BUMDes “Buduma” Sipispis Sergai Juara II se-Sumut Tahun 2019

Bupati Soekirman Harap Jambore TTG Sebagai Upaya Dorong Percepatan Kemandirian Masyarakat Desa

Kota Pinang, Labusel

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) turut berpartisipasi dalam ajang Jambore Teknologi Tepat Guna (TTG) XIX dalam rangka peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV dan Pencanangan Desa Binaan Bangun Desa Mandiri Terpadu ” Bangdes Madu” tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut)Tahun 2019 di Lapangan Santun Berkata Bijak Berkarya, Kota Pinang, Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel), Kamis (5/9/2019).

Acara yang dibuka oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 5-8 September 2019 dan sangat meriah dengan kehadiran stand dari berbagai daerah se-Sumut. Turut serta dalam acara Bupati Sergai Ir H Soekirman, jajaran TP PKK Sergai, Kabid UED dan PKP Dinas PMD Samsul Sijabat serta para kepala daerah dan perwakilan OPD se- Sumut.

Gubernur Edy Rahmayadi saat membuka acara menyampaikan tentang telah terealisasinya bantuan-bantuan selama ini yang dikucurkan ke kabupaten – kabupaten yang ada di seluruh Provinsi Sumut dalam berbagai aspek.

Gubsu berharap, kedepannya seluruh pimpinan OPD yang ada di pemerintahan Provinsi Sumut agar memberikan bantuan-bantuan yang tepat guna, demi kelancaran dan terwujudnya kemajuan di masing – masing daerah, khususnya di 33 kabupaten/kota, harap Edy Rahmayadi.

Kabupaten Sergai turut andil dalam kegiatan Jambore TTG XIX BBGRM XV tahun 2019 dengan menampilkan stand yang inovatif dan didesign cukup apik.

Dalam pelaksanaan TTG tersebut, Pemkab Sergai melalui BUMDes ” Buduma” Kec Sipispis meraih juara II BUMDes terbaik se-Sumut. Selanjutnya Sergai mendapat Juara Harapan III Tingkat Provinsi Sumut dalam Kelompok Pengelola-Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS), seluruh penghargaan diperoleh dalam rangkaian Jambore TTG Tahun 2019.

Diwaktu yang sama, Bupati Sergai Ir H Soekirman saat berada di stand milik Kabupaten Sergai, dengan didampingi H Nuriono pencipta inovator TTG mengemukakan bahwa melalui produk inovasi teknologi, meskipun sederhana yang dihasilkan masyarakat desa, akan tetapi dapat meningkatkan geliat perekonomian.lokal.

Ditambahkannya, inovasi berupa teknologi diharapkan dapat mendorong tumbuh kembangnya kegiatan inovatif di masyarakat.

” Selain itu, TTG juga sebagai upaya untuk mendorong percepatan kemandirian bagi masyarakat desa. Sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas di wilayah perdesaan dalam rangka mengoptimalkan SDA yang ada di desa,” terang Soekirman. MC Sergai/vivi

918 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *