Majukan Germas Lewat Gerakan “Ayo Olahraga”

Sei Rampah,

Olahraga harus menjadi kebutuhan dan menjadi gaya hidup. Dengan gerakan “ayo olahraga” diharapkan akan menjawab permasalahan derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. Hal ini seperti disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir. H. Soekirman saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 di lapangan apel komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (13/9/2019).

Menpora juga mengingatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang merupakan optimalisasi permasalahan dan pembudayaan olahraga, sehingga masyarakat harus sama-sama melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.

“ Semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur itu harus dilakukan baik kepada pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan, dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada di lembaga permasyarakatan,” kata Menpora.

Menpora Iman Nahrawi menginformasikan sekaligus mengingatkan jika kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertandingan olahraga tingkat ASEAN akan menjadi tolok ukur untuk bisa menjadi tuan rumah olimpiade tahun 2032. Prestasi yang dimaksud tentu keberhasilan Indonesia menembus peringkat 4 pada ajang bergengsi ASIAN Games 2018 dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 emas, 25 perak dan perunggu.

Begitu juga dengan atlet disabilitas yang mampu mencatatkan sejarah baru bagi Indonesia dengan menjadi peringkat kelima ajang ASIAN PARAGAMES 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 emas, 47 perak dan 51 perunggu.

Menpora menyebut bahwa semua prestasi tersebut, tentu harus dimulai dari penggodokan atlet sejak dini. Hal tersebut sudah diaplikasikan dengan pembinaan atlet muda berbakat yang didukung oleh talent identification dan talent scouting.

Hasilnya sudah mulai nampak saat Indonesia menjadi tuan rumah pada perhelatan Asean Schools Games (ASG) 2019 di Semarang. Indonesia tidak sekadar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan, Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

Usai membacakan sambutan Menpora, Bupati Sergai H Soekirman juga tak lupa mengucapkan selamat hari kontrasepsi sedunia yang akan jatuh pada tanggal 26 September mendatang. “Mari kita tingkatkan KB dan kesehatan reproduksi guna mencapai Indonesia sehat. Ayo, ikut KB. 2 anak cukup bahagia sejahtera,” ajaknya.

Kegiatan yang diwarnai dengan senam massal turut dihadiri oleh Wakil Bupati, H. Darma Wijaya SE, unsur Forkopinda Kabupaten Sergai, Sekdakab Drs Hadi Winarno, MM, para Asisten, Staf Ahli Bupati, kepala OPD, para Camat, dan seluruh jajaran ASN Pemkab Sergai.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *