Wabup H Darma Wijaya : Perlu Inovasi Dalam Memberantas Narkotika

Sei Rampah,

Menyikapi maraknya peredaran narkotika dilakangan masyarakat, Lembaga Anti Narkotika (LAN) Provinsi Sumatera Utara melakukan audensi dengan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya di ruang rapat Wabup, Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (25/9/2019).

Ketua LAN Provinsi Sumut, H M Koto SKM, MKM mengatakan bahwa program utama lembaganya adalah pemberantasan penyalahgunaan narkoba dimasyarakat sekaligus perehabilitasian para pengguna narkotika.

“ Selain dua program tersebut, kami juga memiliki program lain yang berjalan hingga kini yaitu program operasi bibir sumbing dan katarak secara gratis bagi masyarakat,” ujarnya.

Merespon apa yang disampaikan oleh Ketua LAN Provinsi Sumut, Wabup H Darma Wijaya mengutarakan bahwa pemberantasan Narkotika di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, kita tidak bisa hanya mengandalkan sepanduk-sepanduk yang bergantungan, namun kita harus melakukan inovasi dalam proses pemberantasan narkoba di masyarakat.

Dalam hal berinovasi, kita bisa melakukan pengumpulan masa, seperti misalnya bagi umat muslim diperwiridan kaum ibu maupun perwiridan malam Jumat tentang bahaya Narkotika. Pada moment ini kita bisa memberikan pengarahan kepada para orang tua untuk lebih meningkatkan perhatian kepada anak-anaknya. Begitu juga dengan agama lain, kita bisa melakukan hal yang sama di ruang lingkup mereka. Jadi dalam pemberantasan narkoba kita harus memiliki strategi yang kuat, tambahnya.

“ Saya sudah pernah mencoba hal tersebut, dengan mengumpulkan masyarakat desa tempat saya tinggal dalam forum perwiridan setiap malam Jumat, dan hasilnya pun sangat memuaskan. Masyarakat desa sangat antusias untuk datang melaksanakan perwiridan tersebut,” ujarnya.

Untuk menuntaskan masalah narkoba dimasyarakat, salah satu cara yang sangat baik adalah, memberikan pengarahan dan pengetahuan kepada orang tua akan situasi saat ini dan betapa berbahayanya narkoba yang sedang mengintai kita dan anak anak kita. Pendidikan yang paling baik adalah pendidikan dari keluarga itu sendiri.

Wabup menambahkan, selain menggunakan jalur perwiridan, kita juga bisa mendatangi sekolah-sekolah, dengan memberikan pendidikan kepada para murid akan bahaya narkoba yang akan merusak para generasi penerus bangsa, tambahnya.

Wabup Darma Wijaya yang didampingi Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin, Staf Ahli Bupati, Suwanto, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada jajaran  kepolisian yang telah berhasil memberantas peredaran gelap narkoba di masyarakat, tandasnya.(Mc/Sergai/Nurul)

193 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *