Pinjaman Infrastruktur Sebagai Alternatif Pembangunan Sergai

Sei Rampah,
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup H. Darma Wijaya menyambut baik perwakilan PT. Sarana Multi Infrastuktur (SMI Persero) dalam rangka Komunikasi dan Pemaparan Program Pinjaman Infrastruktur, di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (3/10/2019).
Kepala Divisi Pembiayaan Daerah PT. SMI, Erdian Dharmaputra, memamparkan program pinjaman daerah sebagai alternatif sumber pembiayaan dalam rangka mengakselerasi pembangunan infrastruktur daerah, PT SMI (Persero) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan infrastruktur. Didirikan pada tanggal 26 Februari 2009, PT SMI merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang seluruh modal sahamnya dimiliki oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui Kementerian Keuangan. PT SMI didirikan dengan mandat menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia.
Pelaksanaan mandat tersebut bermuara pada dua tujuan utama yaitu mengoptimalisasi manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat dan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) serta mitigasi perubahan iklim. ” Dalam menjalankan perannya dan mengembangkan bisnisnya, PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu Pembiayaan dan Investasi, Jasa Konsultasi, dan Pengembangan Proyek,” kata Erdian.
Menanggapi hal tersebut, Bupati Sergai Ir H Soekirman, dengan terlebih dahulu mengucapkan selamat datang sekaligus  menceritakan jika Sergai merupakan Kabupaten yang tergolong baru dengan postur APBD yang cenderung menengah.
Dalam banyak aspek, Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini memiliki banyak prestasi. Pada bidang pemerintahan contohnya, Sergai sudah memperoleh banyak penghargaan dari lembaga-lembaga negara seperti KPK, Ombudsman, BPK, dan lain sebagainya.
“Prestasi Sergai juga cukup membanggakan di bidang olahraga & kegiatan keagamaan. Namun prestasi itu masih belum diimbangi dari segi pembangunan infrastruktur. Dibutuhkan tambahan biaya untuk memaksimalkan pembangunan fisik di Sergai,” sebut Soekirman.
Bupati juga menyampaikan lewat tawaran kerja sama PT. SMI, terbuka alternatif baru bagi Kabupaten Sergai untuk memaksimalkan pembangunan yang terkendala anggaran. Oleh sebab itu, lanjut Bupati, jika ada alternatif, bisa digunakan prinsip “ATM” : amati, tiru, modifikasi. “Kita akan pelajari dengan cermat alternatif yang dibawa oleh PT. SMI,” pungkasnya.
Pada kegiatan ini dilaksanakan juga sesi tanya jawab antara perwakilan PT. SMI, Erdian Dharmaputra, dengan para Kepala OPD terkait program pinjaman yang ditawarkan oleh BUMN yang sudah terlibat dalam banyak pembiayaan pembangunan di seluruh Indonesia ini.
Dalam kegiatan hadir juga Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Sosial Ir. H. Kaharuddin, Staf Ahli Bupati Suwanto, Kadis Kominfo Drs H Akmal, M.Si, perwakilan OPD serta Camat se-Sergai. (Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *