Bupati Sergai Terima Audiensi DPD Perkumpulan Suku dan Marga

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menyambut kehadiran DPD Perkumpulan Suku-suku dan marga-marga Indonesia Kabupaten Sergai, di ruang rapat Bupati Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (21/1/2020).

Bupati Soekirman menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas adanya perkumpulan suku dan marga yang mengusung pluralisme sebagai dasar organisasinya. “ Keberagaman dalam masyarakat adalah kondisi niscaya. Namun walaupun keberagaman adalah kondisi yang pasti ada di setiap tempat, keberagaman bisa jadi pisau bermata dua yang jika dikelola dengan baik bisa jadi kekuatan dan sebaliknya kalau tidak dirawat akan berubah jadi bencana sosial,” sebut Bupati.

Dengan adanya perkumpulan suku-suku dan marga-marga Indonesia, lanjut Bupati, keberagaman punya wadah untuk mengekspresikan diri dengan baik. Organisasi ini dapat menjadi tempat menghimpun, menjaga, dan merawat identitas kultural yang hidup di nusantara. “ Kebudayaan sudah menjadi kekuatan besar bagi NKRI. Dari ujung barat sampai timur Indonesia terdapat ragam suku dan marga. Ini adalah aset yang wajib dijaga,” seru Bupati.

Bupati juga menyebut, Pemkab Sergai baru-baru ini mendapat pengakuan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan meraih Anugerah Kebudayaan lewat konsep Kampung Budaya di mana 5 etnis yang eksis di Sergai, yaitu Melayu, Jawa, Batak, Banjar dan Bali memiliki wilayah masing-masing sehingga warganya dapat menjalankan ritus dan aktivitas kebudayaan.

“ Pemkab Sergai menjadikan kebudayaan sebagai salah satu dasar dalam membangun daerah. Nilai-nilai universal yang terkandung dalam budaya bisa kita jadikan aset berharga, bukan saja dalam merawat keberagaman, toleransi dan nilai luhur, namun juga bisa menjadi destinasi wisata yang menarik bagi publik,” kata Soekirman.

Terakhir dengan adanya perkumpulan ini, Bupati berharap toleransi antar suku, agama dan etnis di Kabupaten Sergai bisa tetap terjalin dan jika memungkinkan ditingkatkan ke level yang lebih produktif lagi. “Kita solid kalau bersatu. Dalam keberagaman ada potensi untuk saling menguatkan. Jangan mau dipecah belah dan diprovokasi,” pungkasnya.

Sedangkan Ketua DPD Perkumpulan Suku-suku dan Marga-marga Indonesia Kabupaten Sergai Sabirin menyebut kegiatan ini bertujuan untuk silaturahmi dan memperkenalkan suku dan marga yang jumlahnya sangat beragam. Organisasi ini sendiri, sebut Sabirin, berdiri di bulan April 2018 dan berpusat di Sumatera Utara.

“ Organisasi ini bersifat gotong royong dengan visi-misi membagun kembali budaya dan etnis yang ada di Sergai. Kami berharap pemerintah dapat memberikan dukungan dan bantuan agar segala agenda yang telah kami canangkan dapat berjalan lancar. Sinergitas antar pihak sangat penting sifatnya untuk mewujudkan hal tersebut,” tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri pula Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, Kadis Poraparbud Drs. Sudarno, S.Sos, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Erfin Fachrurrazi, S.STP, M.Si, Sekretaris Dinas Pendidikan Batara Rival Harahap M.Si dan perwakilan Perkumpulan Suku-suku dan Marga-marga Indonesia Kabupaten Sergai.(Mc/Sergai/Nurul)

341 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *