Pemkab Sergai Gelar Rapat Panitia MTQ Kabupaten ke-XVI

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, MAP, memimpin rapat panitia persiapan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Sergai ke-XVI yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai, Rabu (22/1/2020).

Bupati Soekirman dalam sambutannya yang disampaikan Sekdakab H M Faisal Hasrimy yang juga didapuk sebagai Ketua Panitia Penyelenggara menyebut jika MTQ kali ini akan dihelat di Arena MTQ Desa Tualang Kecamatan Perbauangan dimulai dari tanggal 21 sampai dengan 25 Februari 2020.

“ MTQ diadakan untuk menjaga semangat generasi dalam mempelajari, memahami, menghayati dan terutama mengamalkan kandungan Al-Quran sebagai pedoman hidup kaum muslimin dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Sekadakab. Selain itu, lanjut Faisal, MTQ ini juga bertujuan untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan seni baca Al-Quran di tengah masyarakat.

Dalam rapat panitia persiapan ini sendiri, Sekdakab mengharapkan koordinasi seluruh OPD dan pihak terkait yang peran dan fungsinya masing-masing sudah dijabarkan secara rinci. Sekdakab juga menginformasikan jika untuk penyelenggaraan MTQ tahun ini akan diadakan bermacam cabang atau golongan musabaqah dengan beberapa rentang umur di antaranya Seni Baca Al-Quran, Qiraat, Hafalan, Tafsir, Fahm, Syarh, Seni Kaligrafi dan karya tulis ilmiah Al-Quran.

“ Musabaqah diselenggarakan dalam 2 babak, yaitu babak penyisihan dan babak final, kecuali cabang Fahm dan karya tulis ilmiah yang diselenggarakan dalam 3 babak, yaitu penyisihan, semi final dan final. Sedangkan cabang tilawah tuna netra serta seni kaligrafi quran dilaksanakan dalam 1 babak saja,” sebut Ketua Panitia.

Adapun mekanisme pendaftaran peserta, lanjut Sekdakab, adalah dengan mengisi formulir online melalui link bit.do/mtqsergai2020. “Direncanakan pendaftaran ulang peserta seperti verfikasi berkas, registrasi dan perolehan NPP akan dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Februari. Untuk opening akan dibuka dengan Pawai Taaruf dalam bentuk karnaval di tanggal 21 Februari dan akan dilaksanakan mulai dari depan Masjid Subulus Salam Lingkungan X Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan,” pungkasnya.

Rapat panitia ini juga diikuti oleh para Asisten dan Staf Ahli, jajaran Kepala OPD, jajaran Kepolisian, Camat se-Kabupaten Sergai, Ketua MUI, perwakilan Kakan Kemenag dan Tokoh-tokoh Agama Sergai.(MC/Sergai/Ardi)

421 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *