Evaluasi Program Kerja, Pengurus PAUD Sergai Gelar Raker

Medan,

Dalam rangka meningkatklan kerjasama sekaligus mengoptimalkan pelaksanaan program pendidikan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Rapat Kerja (Raker) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Sergai Tahun 2020 yang dilaksanakan di Hotel Kanaya Medan, Kamis (13/02/2020).

Raker tersebut dihadiri Bupati Sergai Ir H Soekirman, Bunda PAUD yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik, MM beserta jajaran, Dewan Pendidikan Agus Marwan, serta para pengurus PAUD Kabupaten Sergai.

Bunda PAUD Sergai Ny Hj Marliah Soekirman menyampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini, selain untuk menjalin silaturahim antara pengurus dan penyelenggara PAUD juga  untuk meningkatkan kinerja dan menyatukan persepsi antar pengurus dalam penyelenggaraan PAUD menuju PAUD yang berkualitas dan terakreditasi.

Selanjutnya, Raker ini dimaksudkan untuk mengevaluasi program-program yang telah dilaksanakan selama ini dan dampaknya terhadap perkembangan PAUD di masyarakat. “ Selain itu juga untuk mengevaluasi permasalahan di lembaga PAUD yang ada di Sergai sehingga pemerintah nantinya dapat mengambil kebijakan untuk mengembangkan PAUD yang lebih baik,” ungkapnya.

Hj Marliah menyebut, sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dimana pemerintah telah menargetkan lembaga PAUD harus mampu melayani kebutuhan anak-anak PAUD sebesar 95% Angka Partipasi Kasar (APK), sehingga tidak ada anak-anak yang tidak terpenuhi hak-haknya sesuai dengan butir ke-4 pada klaster hak anak yaitu pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya.

Menurut Hj Marliah, melalui Raker ini kita dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lembaga PAUD serta merencanakan program-program PAUD kedepan yang unggul, inovatif dan berkelanjutan. “ Kami harap para pengelola/pengurus PAUD di kecamatan, untuk selalu berkoordinasi dan berdiskusi dalam upaya peningkatan kapasitas pengelolaan PAUD di masa-masa mendatang,” harap Bunda PAUD Sergai.

Sementara itu, Bupati Sergai yang berkesempatan hadir menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengelola PAUD se-Kabupaten Sergai serta senantiasa bersama meningkatkan dunia pendidikan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. “ saya yakin dari lembaga-lembaga pendidikan ini akan lahir generasi yang mampu membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Sergai,” kata Soekirman.

Lebih lanjut disampaikan Bupati, pelayanan PAUD memiliki peranan sangat penting sebagai titik sentral strategi pembangunan SDM dan sangat fundamental serta sangat menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya.

“Anak yang mendapatkan pembinaan sejak dini akan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar, etos kerja dan produktivitas.  Pada akhirnya anak akan lebih mampu mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya,” yakin Bupati Soekirman.  MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *