Pada Upacara HKN, Bupati Sergai Imbau ASN Tingkatkan Prestasi dan Jaga Netralitas

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman memimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang digelar setiap bulannya bertempat di lapangan apel Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (17/02/2020).

Pada upacara yang terselenggara dengan lancar dan hikmat ini, Bupati menyampaikan beberapa raihan penting yang diperoleh Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dalam kurun waktu 2 bulan sejak pergantian tahun. “ Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada segenap personil ASN dan tenaga kontrak yang telah menunjukkan kinerja baik hingga Kabupaten Sergai menjadi satu dari dua Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang meraih predikat B untuk kinerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari MenPAN-RB,” sebut Bupati yang langsung disambut tepuk tangan meriah peserta upacara.

Penghargaan yang diterima Sergai di SAKIP Awards yang dilaksanakan di Batam 10 Februari lalu itu disebut Bupati merupakan bukti jika kinerja Pemkab Sergai sudah terukur dan punya tujuan yang jelas. Selain predikat B di SAKIP, Soekirman juga menyebut Kabupaten Sergai baru saja memperoleh penghargaan nasional Anugerah Kebudayaa dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang diserahkan langsung di hadapan Presiden RI Joko Widodo di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

“ Semoga penghargaan ini dijadikan pedoman bagi segenap jajaran kita untuk berpikir dan bertindak secara berbudaya. Nilai-nilai rasional normatif yang terkandung dalam kebudayaan masing-masing dari kita jika dipadu padankan dengan kesadaran sebagai mahluk beragama tentu akan semakin meningkatkan kualitas diri sebagai manusia,” jelas Bupati.

Selain itu harapan Kabupaten Sergai sebagai Kabupaten yang religius juga baru saja diwujudkan lewat peresmian Masjid Agung Sergai yang berdiri megah tepat di depan gerbang pintu tol Kecamatan Teluk Mengkudu. “ 16 tahun usia Kabupaten ini ditandai dengan berdirinya Masjid Agung yang merupakan simbol umat Islam. Ini semakin menegaskan status Kabupaten Sergai sebagai daerah religius,” seru Bupati.

Bupati Soekirman juga tidak lupa mengingatkan jika tahun 2020 merupakan tahun politik. Untuk itu, ia mengimbau agar seluruh ASN menempatkan diri secara profesional dan netral. “ASN dituntut netral dalam konstelasi politik praktis. Bekerjalah dengan loyal namun tetap netral untuk menciptakan sikap diri yang berintegritas. Jika kita mampu mengkolaborasikan logika, etika dan estetika maka kita bisa membentuk pribadi yang berkualitas. Jika kita secara kolektif dapat mengimplementasikan semua dalam proses kerja, maka visi menunju Kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan dapat tercapai,” tutupnya.

Disela-sela upacara dilakukan penyerahan tali asih kepada ASN yang memasuki masa purna bhakti. Tak lupa Bupati menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada ASN yang purna bhakti atas dedikasi dan pengabdiannya di Kabupaten yang kita cintai ini.

Upacara HK juga diikuti oleh Sekdakab H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sergai Herman, SE, M.Si, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD serta segenap ASN Pemkab Sergai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *