OPD Sergai Diimbau Buat Wastafel di Lingkungan Kantor  

Sei Rampah,

            Sebagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) diimbau untuk membuat wastafel (tempat cuci tangan) di lingkungan kantor masing-masing. Imbauan tersebut tertuang dalam surat tertulis Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sergai Nomor : 18.20/6581/504/2020 tanggal 20 Maret 2020, Hal Imbauan Pembuatan Wastafel, kata Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai Drs H Akmal, AP, M.Si saat berada di ruang kerjanya, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (24/3/2020).

            Lebih lanjut disampaikan Akmal, imbauan pembuatan wastafel ini menindaklanjuti Surat Keputusan Bupati Sergai tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Adapun imbauan tersebut diantaranya untuk membuat wastafel dilengkapi dengan cairan pencuci tangan. Selain itu kepada Kepala OPD yang mempunyai UPT atau Kantor Cabang serta Camat untuk meneruskan imbauan ini kepada Lurah/Kades yang ada di wilayahnya.

            Begitupun dengan Dinas Pendidikan, agar meneruskan imbauan kepada Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan. Untuk Dinas Kesehatan, agar meneruskan imbauan ini ke seluruh Puskesmas/Pustu se-Sergai serta Dinas Perindag menyampaikan imbauan ini ke pasar-pasar tradisional danpasar  modern di Sergai.

Dalam surat imbauan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sergai, selaku Tim Penanggulangan dan Percepatan Usaha Penanganan Covid-19, akan melakukan pengecekan secara langsung atas ketersediaan wastafel di OPD lingkungan Pemkab Sergai, jelas Akmal.

            Kominfo Sudah Sediakan Wastafel di Depan Kantor

            Mentaati imbauan tersebut, Dinas Kominfo Sergai telah membuat wastafel yang terletak persis di depan kantor. Wastafel ini sengaja dipasang di depan kantor agar dimanfaatkan juga oleh semua pegawai dan para tamu kantor. “ Virus corona ini cepat sekali penyebarannya, oleh karenanya kami berusaha semaksimal mungkin membuat langkah-langkah dalam pencegahannya, termasuk mempublikasikan informasi-informasi melalui berbagai kanal media seperti menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19,” kata Akmal.

            Akmal menyebut kegiatan cuci tangan sebelum masuk kantor ini merupakan budaya bersih diri. “ diharapkan ini menjadi budaya bersih kita khususnya di masing-masing OPD. Budaya bersih itu mencerminkan tingkat kesehatan bagi kita juga,” harapnya. MC Sergai Vivi/Rini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *