Pemkab Sergai Ikuti Video Conference Dengan Mendagri

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H M Faisal Hasrimy, AP, M. AP mengikuti acara Video Conference yang dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Ketua KPK RI, Kepala BPK RI, LKPP dengan Kepala Daerah (KDh) kabupaten/kota, Sekda Provsu serta Sekda Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, bertempat di Posko Gabungan Terpadu Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Sergai Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (8/4/2020).

Adapun materi video conference terkait pengadaan barang jasa dan akuntabiltas keuangan dalam percepatan penanganan Covid 19. Turut juga mendamnpingi Sekdakab, para Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai.

Dalam video conference Mendagri Tito Karnavian menyampaikan, hendaknya kita dapat mengedepankan Sense of crisis artinya rasa kepedulian terhadap krisis yang luar biasa. Krisis pandemi hari ini adalah krisis yang terbesar dalam sejarah manusia yang ada sebelumnya belumlah sebesar pandemi Covid-19 ini. “ Dalam menghadapi krisis kesehatan pada saat ini hampir semua negara merasakan akibat mulai dari tingkat lokal dan nasional,” ungkapnya.

Mendagri menyebut jika kita harus berpikir siap-siap dan mengantisipasi berkaitan dengan dampak yang terjadi jika kita mengalami persoalan kesehatan yang timbal balik dengan masalah ekonomi. semua pemimpin di dunia termasuk Indonesia baik pusat maupun daerah berada pada posisi dilematis antara kesehatan tubuh atau kesehatan masyarakat dengan menjaga ekonomi, terangnya.

Sedangkan Kabareskrim Mabes Polri Komjen Listyo Sigit menyebut pada prinsipnya dari POLRI akan menjaga dan mengawal pelaksanaan kegiatan realokasi anggaran penanganan corona ini dan memastikan betul-betul dapat dilaksanakan secara maksimal sehingga penggunaan anggaran ini tepat sasaran dan tidak menimbulkan masalah maupun tidak memiliki niat untuk melakukan upaya-upaya yang merugikan negara.

“ Pada prinsipnya kegiatan Gugus Tugas yang dilaksanakan harus dengan sebaik-baiknya. Begitupun Polri akan terus berkoordinasi baik melalui proses dan hal-hal yang dilarang untuk dilakukan serta hal yang diperbolehkan. ” Kami akan selalu siap mendampingi sehingga seluruh kegiatan  bisa terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

Sama halnya dengan Kepala BPK RI yang memahami pemerintah menggunakan pergeseran anggaran harus dilaksanakan dengan cermat sesuai dengan peruntukan anggaran dan penting untuk menjadi perhatian terutama untuk jaring ekonomi dan dampak sosial.

Usai menyaksikan video cenference, Sekdakab H M Faisal Hasrimy menyampaikan, Pemkab Sergai telah melaksanakan berbagai langkah preventif diantaranya melakukan refocusing dan realokasi anggaran untuk percepatan penanggulangan Covid-19. ” Kami juga berharap seluruh elemen masyarakat bahu membahu dan bergotong royong guna memutus rantai Corona, sehingga kita terbebas dari wabah Covid-19 yang saat ini menjadi bencana internasional.  ” Pemkab Sergai melalui Gugus Tugas akan menetapkan berbagai langkah maupun antisipasi terhadap penyebaran Covid-19,” tandasnya. (MC/Sergai/Nurul/Rini)

215 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *