Menjadi Lokasi Pertama Dikunjungi, Anggota DPRD Sebut Posko Penanganan Covid di Sergai  “Hidup”

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menyambut kehadiran anggota DPRD Provinsi Sumut lintas fraksi di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai, Rumah Dinas Bupati, di Sei Rampah, Kamis (16/4/2020) sore. Kunjungan ini sendiri diikuti unsur anggota DPRD Provinsi Sumut dari fraksi Partai PDI-P, Gerindra dan PKB.

“ Kami menyambut baik kehadiran Bapak-bapak sekalian yang bertujuan untuk memastikan bantuan dari provinsi berupa Alat Pelindung Diri (APD) sudah sampai ke Sergai. Bantuan tersebut sudah kami salurkan ke rumah sakit yang siap jadi rujukan penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Tanah Bertuah negeri Beradat ini yaitu RSUD Sultan Sulaiman di Sei Rampah, RS Trianda dan RS Melati di Perbaungan serta RS Pabatu di Kecamatan Tebing Tinggi,” buka Bupati dalam sambutannya.

Bupati juga menyampaikan jika kehadiran para wakil rakyat ini merupakan respons pasca rapat yang dilakukan antara DPRD dengan Gubernur Sumut H. Edy Rahmayadi perihal kinerja Gugus Tugas Provinsi yang salah satunya adalah pendistribusian bantuan ke 33 Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara.

Selain itu, Soekirman menyebut kalau Rumah Dinas Bupati yang dialihfungsikan sebagai posko ini menjadi wadah berbagai kegiatan Gugus Tugas dan penyediaan informasi bagi publik, utamanya perkembangan kondisi terkini penanganan pandemi Covid-19 di Sergai. “Kami sudah menyediakan referensi valid lewat aplikasi khusus yang menampilkan data update jumlah warga kita yang berstatus sebagai ODP, PDP, OTG maupun positif Covid. Tak cuma lini kesehatan saja, kami juga akan berusaha memenuhi aspek jaringan pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak langsung bencana nasional ini,” katanya.

Terakhir Bupati juga menyatakan jika masyarakat Sergai menjunjung tinggi gotong royong dan itu terbukti dari mengalirnya bantuan dari berbagai pihak lewat Posko. “Tidak melulu menunggu aksi pemerintah, berbagai unsur masyarakat mulai dari individu, ormas, yayasan hingga perusahaan ikut berkontribusi bagi masyarakat lewat pemberian berbagai bantuan yang sangat bermanfaat,” pungkas Soekirman.

Sementara itu Delpin Barus, ST, dari Fraksi PDI-P menyampaikan apresiasi atas kinerja Tim Gugus Tugas Kabupaten Sergai dan menyebut posko Gugus Tugas suasananya terlihat benar-benar hidup karena dipenuhi aktivitas penanganan dan pencegahan Covid.

“ Sergai merupakan Kabupaten pertama yang kami kunjungi dan kami mengapresiasi kerja Tim Gugus Tugas yang sangat baik. Terlihat bagaimana posko ini menjadi pusat informasi dan jadi tempat menghimpun bantuan dari masyarakat yang nantinya akan didistribusikan. Seluruhnya pun tertata dengan baik.”

Delpin menyebut akan menyampaikan aspirasi dari Bupati Soekirman perihal tambahan alokasi bantuan APD bagi tenaga kesehatan. “Sesuai dengan laporan Gubsu, Provinsi mengalokasikan Rp 2,5 triliun dalam APBD 2020 untuk penanggulangan Covid-19 dan dana itu sudah digunakan sebanyak Rp 521 miliar untuk pembelian APD dan rapid test. Kita berharap distribusi bantuan lanjutan dapat segera terealisasi dengan lancar,” terangnya.

Sementara itu H. Azmi Y. Sitorus, S.Ag dari Fraksi Gerindra menyebut sampai saat ini masih dilakukan pendataan terkait pemberian bantuan dari Provinsi kepada masyarakat miskin. “Nantinya bantuan sosial akan diberikan sebesar Rp 200.000 per kepala keluarga,” sebutnya.

Setelah mengunjungi Posko, rombongan anggota DPRD Provsu lintas fraksi juga diagendakan menyambangi Rumah Sakit yang dijadikan rujukan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sergai.

Kunjungan Anggota DPRD ini dihadiri pula oleh Sekdakab H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD yang tergabung dalam Gugus Tugas.(MC/Sergai/Nurul/Ardi)

221 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *