Pemkab Sergai Gelar Monitoring Penyaluran BLT DD Tahap I

Dolok Masihul,

Untuk memastikan bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) tepat sasaran, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Monitoring Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap I di berbagai tempat diantaranya di Kantor Desa Sarang Giting, Kantor Desa Dolok Manampang, Kantor Desa Tegal Sari Kecamatan Dolok Masihul dan Desa Petuaran Hulu Kecamatan Pegajahan, Rabu (20/5/2020).

Turut serta dalam monitoring, Bupati Sergai Ir H Soekirman yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Ketua DPRD dr Riski Ramadhan Hasibuan SH SE, Wabup H Darma Wijaya, Kadis PMD H. Ikhsan, AP, M.Si, Kadis Sosial H. Ifdal, S.Sos, M.AP, Camat Dolok Masihul Gunawan JW Hasibuan, S.STP, Camat Pegajahan Jurna Elvida, S.Sos, Muspika, Kepala Desa dan masyarakat penerima BLT-DD Tahap I.

Bupati Sergai Ir H Soekirman menyebut bahwa apa yang dilakukan saat ini merupakan bukti negara hadir ditengah-tengah masyarakat yang sedang dalam keadaan susah dan sulit akibat pandemi Covid-19. Sebelum adanya virus corona ini, sudah ada program bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari pemerintah. Penerima PKH sudah diatur oleh pemerintah berdasarkan ketentuan yang berlaku terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah serta kondisi rumah yang memprihatinkan. Jika terdapat masyarakat dengan kriteria seperti itu agar para Kepala Desa melaporkan kepada Pemerintah Daerah agar kemudian dimasukkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“ Saya berterima kasih kepada para Kepala Desa dan pihak terkait lainnya yang telah bekerja dengan sangat baik dalam rangka penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat. Meski sebenarnya tangan memberi lebih baik daripada tangan menerima, namun Allah SWT telah menciptakan manusia dengan rezekinya masing-masing. Terlebih disaat pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat yang berkurang penghasilan atau bahkan kehilangan penghasilan sama sekali. Kehadiran orang-orang seperti ini yang layak mendapatkan bantuan ini sebagai bentuk tanggung jawab negara kepada masyarakatnya,” katanya.

Dijelaskan lebih lajut oleh Soekirman, kemarin bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumut untuk meringankan beban masyarakat, baru disampaikan kepada Gugus Tugas Covid-19 Sergai, yang secepatnya akan disalurkan kepada masyarakat. Untuk desa sendiri sesuai ketentuan yang berlaku dibolehkan mengalokasikan ADD untuk BLT seperti yang kita laksanakan hari ini.

Menyambung pernyataan  Bupati Soekirman, Wabup Sergai H Darma Wijaya menyatakan harapan semoga Covid-19 ini segera berakhir, akan tetapi jika kita melihat pola masyarakat yang tidak disiplin, maka kelihatannya agak sulit berharap hal tersebut akan terwujud.

Oleh karenanya, kepada masyarakat Wabup mengajak untuk mengikuti imbauan Pemerintah untuk menjaga jarak, memakai masker, tetap dirumah, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bersama-sama. Selain itu mari kita terus berdoa agar segera berakhir, sebab wabah ini tidak pernah dapat dipastikan kapan waktunya berakhir,” tutup Wabup.

Ketua DPRD dr Riski Ramadhan Hasibuan SH SE yang turut hadir menyampaikan  penyerahan BLT dari Dana Desa yang diharapkan dapat meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19. “ Kami dari lembaga DPRD hari ini bersinergi dengan unsur Pemkab Sergai  membantu mengawasi serta memastikan bantuan ini tepat sasaran. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat dimasa sulit ini,” harapnya.

Sementara itu menurut laporan Kepala Desa Petuaran Hulu Bismar Manurung jumlah penerima BLT dari Dana Desa di Desa Petuaran Hulu ini berjumlah 16 KK dengan besaran Rp. 600.000,-. Sama halnya dengan Kepala Desa Sarang Giting, Frans Sembiring bahwa jumlah penerima BLT berjumlah 9 KK dengan besaran yang sama. Data penerima BLT tersebut didapat setelah melakukan rapat desa bersama unsur masyarakat dan Muspika.

Begitupun dengan Kepala Desa Dolok Manampang, Deddy Tonggo Tua Turnip yang melaporkan jumlah penerima BLT berjumlah 108 KK serta Kepala Desa Tegal Sari, Awaluddin menyatakan penerima BLT dari Dana Desa di Desa Tegal Sari ini berjumlah 73 KK dengan besaran sama yaitu Rp. 600.000,- per bulan yang diberikan selama tiga bulan kedepan.(MC/Sergai/Nurul/Rini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *