Pemkab Sergai Terima Aduan Warga Perihal Data Ganda Penerima Bantuan

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman melalui Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sergai, H. Ifdal, S.Sos, M.AP, menerima puluhan warga Dusun II Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (28/05/2020).

Kepala Desa Nagur Syairajul Yahdi menginformasikan jika kedatangan para warga hari ini bertujuan untuk menyampaikan aduan dan meminta klarifikasi perihal penyaluran program Jaring Pengaman Sosial (JPS) di daerahnya yang diduga mengalami kendala berupa adanya data ganda penerima. “Kami ingin menyampaikan jika ada warga yang menerima lebih dari satu bantuan pemerintah di mana warga tersebut selain menerima bantuan sebagai Peserta Keluarga Harapan (PKH), yang bersangkutan juga terdaftar sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Padahal seperti yang kita ketahui bersama, kebijakan bantuan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam beberapa paket hanya boleh diterima salah satunya saja,” terang Kades Syairajul.

Menanggapi permasalahan tersebut, Kadis Sosial Ifdal membenarkan jika masyarakat yang terdata hanya boleh mendapat satu jenis bantuan yang diprogramkan oleh pemerintah, baik itu BLT Dana Desa, BST dari Kemensos, PKH, dan bantuan lainnya. “Untuk memastikan bantuan yang didistribusikan dapat diterima secara merata, maka masing-masing warga idealnya hanya boleh menerima satu jenis bantuan saja. Jika terjadi data ganda, maka akan dilakukan penghapusan, dan di beberapa kecamatan hal ini sudah diimplementasikan saat ditemukan duplikasi data dalam daftar penerima,” jelas Ifdal.

Namun untuk memastikan dan menindaklanjuti aduan dari masyarakat Desa Nagur, Ifdal meminta keterangan tertulis yang berisi detail kejadian data ganda kepada Kepala Desa untuk kemudian akan disampaikan dan diproses Pemkab Sergai.

“Kedepannya akan ada perbaikan dan pemutakhiran data penerima bantuan BST dari Kemensos maupun BLT dari Dana Desa. Masyarakat yang belum mendapatkan bantuan sudah didata dan dimasukkan dalam daftar penerima dan kita tunggu bersama realisasinya,” tambah Ifdal lagi.

Sementara itu Kades Syairajul menambahkan jika pihaknya telah melakukan sosialisasi dan mencetak informasi daftar penerima bantuan untuk diketahui oleh masyarakat. “Kami juga sudah mengusulkan nama-nama penerima bantuan yang sesuai dengan kriteria dan bagi masyarakat yang merasa belum terdaftar bisa melapor ke Kepala Dusun masing-masing. Selain itu, pihak kami pun sudah memberikan pengarahan dan secara tegas meminta kepada para Kepala Dusun agar tidak ada keberpihakan sedikit pun dalam proses penyaluran dan benar-benar memprioritaskan bantuan kepada warga yang membutuhkan,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, hadir pula Kepala BPBD Sergai H. Henri Suharto, SH, M.AP, Danramil Tanjung Beringin Mayor Inf. Muhsin S. Ag, MAP dan mawakili Kepala Dinas PMD Muradi, S.Pd. MC Sergai/Vivi/Ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *