Bupati Sergai : Alam Luas Jadi Guru Terbaik Manusia

Perbaungan,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menghadiri kegiatan tabur benih/bibit ikan di aliran Sungai Nipah Desa Sei Sijenggi, Kecamatan Perbaungan, Sabtu (05/07/2020).

“ Saya sangat mengapresiasi usaha dan ide inovatif yang berasal dari kelompok peternak ikan “Sumber Rezeki” yang dipimpin oleh saudara Marwan ini. Dengan memanfaatkan sungai sebagai tempat budidaya ikan, selain murah, juga hal yang mudah, karena sungai menyediakan kebutuhan dalam budidaya ikan tersebut. Tinggal kita yang belajar dari apa yang ada pada alam semesta tersebut agar menciptakan terobosan yang berdaya guna dan berhasil guna bagi kita,” buka Bupati Soekirman dalam sambutannya di hadapan hadirin yang antara lain Ketua Komisi E DPRD Sumut Dimas Triadji, S.Kom, Kades Sei Sejenggi Sutarman, Penyuluh Perikanan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta masyarakat sekitar.

Hal ini juga, puji Soekirman, menunjukkan jati diri masyarakat Kabupaten Sergai yang inovatif, yaitu memiliki pemikiran modern meski dalam masa pandemi Covid-19 ini. “ Mengutip pribahasa atau istilah suku Minang yaitu “Alam Takambang Menjadi Guru” atau alam luas ini diciptakan Allah SWT untuk dapat dimanfaatkan seluas-luasnya dan menjadi pembelajaran bagi manusia,” katanya.

Bupati Soekirman juga menerangkan, Pemkab Sergai akan selalu mendukung usaha masyarakat yang sejatinya selain dapat meningkatkan taraf perekonomian, nantinya juga akan membangkitkan kepedulian dan rasa cinta kepada sungai sebagai sumber kehidupan.

“Terus lanjutkan upaya dan usaha dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat seperti ini agar nantinya Kabupaten Sergai senantiasa menjadi Rahmatan Lil Alamin,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama Ketua Kelompok Peternak Ikan Sumber Rezeki Desa Sei Sejenggi, Marwan, menyampaikan apresiasi dan hormat atas kehadiran Bupati Sergai. Ide pembentukan kelompok peternakan ikan ini, kata Marwan, agar dapat membangkitkan semangat wirausaha dari masyarakat meski di masa sulit seperti kondisi pandemi yang sedang dihadapi saat ini.

“ Selain itu kita manfaatkan aliran sungai Nipah ini agar juga tumbuh rasa kecintaan dan kepedulian terhadap sungai sebagai sumber kehidupan. Yang kita butuhkan paling utama adalah kemauan dan tenaga, agar kita nantinya dapat sukses dan mampu meningkatkan perekonomian meski dalam keadaan sulit akibat corona,” jelasnya.

Marwan juga berharap dukungan dari Pemkab Sergai agar pembinaan seperti ini bisa terus berjalan. “Kami berharap dengan dukungan dari pemerintah kiranya kelompok ini dapat lebih berkembang sehingga nantinya anggota kelompok dan masyarakat sekitar dapat lebih sejahtera,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Desa Sei Sijenggi, Sutarman, menerangkan Desa Sei Sejenggi adalah desa yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian dengan bertani. “Dengan adanya kelompok perikanan ini akan menambah keberagaman jenis usaha masyarakat dan kami dari pemerintah desa mendukung keberadaan serta berkembangnya kelompok ini,” jelasnya.

Sutarman lalu menyampaikan apresiasi kepada Bupati Sergai atas perhatiannya kepada kelompok Peternak Ikan serta kepada warga desa yang memiliki aspirasi dan inovasi, sehingga dapat mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Sergai umumnya dan di Desa Sei Sejenggi pada khususnya.

“ Kami berharap kegiatan ini menjadi momen berkembangnya sungai Nipah ini menjadi jalur yang aktif dan produktif bagi masyarakat,” harapnya. MC Sergai/Vivi/Ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *