Bupati Sergai Terima Audiensi Organisasi Wanita Pujakesuma

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menyambut kehadiran Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Wanita Putra/i Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Sumatera Utara dalam audiensi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (15/07/2020).

Bupati menyampaikan selamat dan sukses atas terbentuknya Organisasi Wanita Pujakesuma di Kabupaten Sergai. Ia juga berharap organisasi ini dapat menjadi wadah bagi para anggota wanita Pujakesuma untuk mengekspresikan diri serta mengembangkan organisasi sesuai dengan visi dan misi yang telah dibuat.

“Kegiatan awal cukup dimulai dengan membuat dan melaksanakan program-program yang ringan-ringan saja dulu, semisal hal sederhana seperti memakai bahasa Jawa dalam setiap pertemuan atau kegiatan organisasi. Hal tersebut bisa menjadi salah satu kegiatan yang dapat menjaga dan merawat bahasa Jawa sebagai sebuah produk budaya. Bahasa Jawa bisa terjamin kefamiliarannya dan kelestariannya di tengah generasi muda wanita Pujakesuma,” kata Bupati.

Terlahir sebagai orang Jawa, Bupati Soekirman berharap para anggota Pujakesuma terutama Organisasi Wanita Pujakesuma di Sergai dapat mengetahui dan memahami perihal adat istiadat Jawa, termasuk berbagai kesenian yang masih bertahan hingga saat ini. “Sebagai etnis yang keturunannya sudah tersebar ke seluruh dunia, kita juga mesti tahu asal-usul, sejarah asal mula orang Jawa merantau ke Sumatera. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan kesadaran akan identitas sebagai orang Jawa makin meningkat, tidak terkikis meski tinggal jauh dari daerah asal nenek moyang. Kita bisa melihat contoh nyata orang-orang Jawa di negara Suriname yang masih menjaga tradisi budaya dengan baik,” kata Soekirman.

Bupati juga berharap nantinya Wanita Pujakesuma di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dapat membawa dampak positif utamanya bagi kelestarian budaya Jawa. “Sergai merupakan daerah yang dihuni oleh banyak etnis dan seluruhnya dapat hidup rukun dengan tetap mempertahankan keunikan dan kekhasan budayanya masing-masing. Saya berharap Wanita Pujakesuma dapat menjadi salah satu garda terdepan dalam menjaga dan merawat budaya Jawa,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPW Pujakesuma Sumut, Elrita, menginformasikan jika Organisasi Wanita Pujakesuma Sergai sudah terbentuk dan diketuai oleh Halimah. “Kehadiran kami hari ini bertujuan untuk silaturahmi dan meminta bimbingan serta arahan dari Bapak Bupati Sergai agar kedepannya Wanita Pujakesuma di Sergai dapat lebih berkembang lagi. Kami berharap Pemkab Sergai dan organisasi kebudayaan dapat menjalin kerja sama dan sinergitas yang saling membangun kedepannya,” harap Elrita.

Dalam kegiatan ini hadir pula Asisten Administrasi Umum Hj. Irwani Jamilah, SH, Kepala Badan Kesbangpol Drs. Purba Siregar, M.Si serta anggota dan pengurus Pujakesuma.(Mc/Sergai/Nurul/Ardi)

296 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *