LCT Tingkat SMP se-Sergai Digelar di Perbaungan  

Perbaungan,

Menyambut hari Adiyaksa ke-60, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Sei Rampah melaksanakan Lomba Cepat Tepat (LCT) Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Sergai, bertempat di SMP Negeri 1 Perbaungan Kelurahan Tualang Kecamatan Perbaungan, Senin (20/07/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengucapkan Selamat Hari Adhyaksa ke-60 kepada Kejaksaan Negeri Sei Rampah serta apresiasi telah memberikan kepercayaan untuk bekerjasama kepada Pemkab dalam menggelar kegiatan mencerdaskan anak bangsa seperti LCT Tingkat SMP se-Sergai pada hari ini.

“Saat ini kita mulai membiasakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sebagai pengganti frasa “New Normal”, agar kiranya masyarakat dapat lebih mudah memahami serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa Adaptasi Kebiasaan Baru ini adalah kegiatan perekonomian berjalan seperti biasa, namun tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan pola 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan serta Menjaga Jarak guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah kita ini,” kata Soekirman.

Sesuai dengan kegiatan hari ini, Bupati mengajak semua elemen masyarakat untuk Cermat Berpikir, Cermat Bertindak, Hormat kepada Orang Tua dan Takut Kepada Tuhan.

“Saya kira ini adalah pernyataan universal yang sangat bermakna, agar kita bawa dan kita terapkan dengan sungguh-sungguh dalam kehidupan sehari-hari. Saya ingin menyatakan kepada seluruh masyarakat terutama anak-anak kami, bahwa kita semua sangat merindukan suasana bersekolah seperti biasa, namun karena pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar harus terhenti selama beberapa bulan hingga saat ini. Hal ini adalah sejarah bahwa sekolah diliburkan hingga memasuki empat bulan berlaku. Namun kita harus dapat mengambil hikmahnya, bahwa pembelajaran tidak hanya harus dilaksanakan dengan tatap muka, namun dapat dilakukan secara daring. Selain itu perkembangan teknologi dapat kita manfaatkan dengan belajar melalui internet maupun secara virtual,” sebutnya.

Dengan adanya cerdas cermat ini, jelas Bupati, para peserta dituntut untuk kembali mengimplementasikan pengetahuan dan pendidikan yang didapatkan selama belajar di rumah, serta melatih kecermatan, kecerdasan serta kecepatan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.

“Sekali lagi diucapkan selamat kepada anak-anak didik yang mengikuti LCT ini, kepada yang menjadi juara agar tidak berbangga diri, serta kepada yang belum menjadi juara agar terus mengasah kemampuan untuk menjadi lebih baik lagi untuk menciptakan generasi yang lebih baik. Jangan malu menjadi anak kampung, karena prestasi kalian bukanlah kampungan,” pungkas Bupati.

Sementara itu Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, melaporkan jika Kegiatan Lomba Cerdas Cermat Jaksa Sahabat Pelajar Tingkat SMP se-Kabupaten Sergai Tahun 2020 ini mengambil tema “Terus Bergerak dan Berkarya” dan diikuti oleh 16 Tim dari seluruh SMP se-Sergai.

“Kegiatan dilaksanakan selama 1 hari dan bertujuan untuk mengimplementasikan program Jaksa Masuk Sekolah, mendukung pencapaian visi dan misi Dinas Pendidikan Sergai. Selain itu LCT ini adalah untuk mencari dan menggali bakat siswa  dalam bidang pengetahuan, serta memotivasi siswa SMP dalam pengembangan bakat, minat dan prestasi melalui peran dan karya nyata. Selain kegiatan mengasah kemampuan pengetahuan ini, Dinas Pendidikan terus konsisten menggalakkan program Green, Clean and Life (GCL) untuk mewujudkan sekolah yang asri, nyaman serta siswa yang peduli dan cinta lingkungan,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Kajari Sergai, Paian Tumanggor, SH, juga mengucapkan apresiasi kepada Pemkab Sergai khususnya Dinas Pendidikan atas terlaksananya kegiatan yang terlaksana dengan suasana yang terasa sangat bersemangat ini.

“Tadinya kami kira kegiatan ini dilaksanakan hanya sederhana, namun saya melihat begitu semarak dan antusias para pelajar dan tenaga pendidik untuk menghadiri dan mengikuti kegiatan ini, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19,” pujinya.

Paian menyebut, maksud diadakan kegiatan cerdas cermat ini adalah agar peserta dapat berlatih kecermatan.

“Sebab jika kita cermat dan teliti, maka kita akan menjadi orang yang memiliki wawasan luas dan berhasil dalam bidang apapun. Misalnya jika ingin menjadi seorang Jaksa, kita harus cepat, teliti dan cermat, dan menurut UU Kejaksaan mengatur bahwa jaksa yang dapat mengatur serta memberikan petunjuk kepada masyarakat. Jadi kepada adik-adik di zaman modern ini kita sudah harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman dengan menambah pengetahuan, salah satunya melalui kegiatan LCT ini,” katanya.

Kajari juga berpesan kepada para pelajar untuk bersungguh-sungguh, hormati orang tua dan guru, serta takut kepada Tuhan agar hidup berhasil dan sukses.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembentukan karakter generasi penerus yang cerdas, cermat dan cepat guna memajukan daerah yang kita cintai ini,” harap Kajari.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, anggota DPRD, Danramil Perbaungan, Kadis PUPR Ir. Johan Sinaga, M.AP, para Kepala OPD, Ketua Dewan Pendidikan Agus Marwan, Korwil Bidang Pendidikan, Kepala Sekolah SD/SMP, siswa peserta LCT, serta para undangan.(MC/Sergai/Nurul/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *