Bupati Sergai Resmikan Pondok Literasi dan Taman Edukasi

Tanjung Beringin,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) memiliki komitmen tinggi dalam meningkatkan taraf kualitas literasi di daerahnya. Setelah sebelumnya meresmikan taman baca di SMPN 1 Perbaungan kemarin, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman hari ini, Selasa (21/07/2020) kembali hadir dalam peresmian Pondok Literasi dan Taman Edukasi di SMPN 4 Kecamatan Tanjung Beringin.

Membuka sambutannya, Bupati menyampaikan spresiasi dan kebanggaan kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sergai karena hari ini ia kembali menyaksikan inovasi di bidang literasi dengan didirikannya pondok literasi di atas areal persawahan.

“Hal ini tentu akan menjadi pengalaman menarik bagi siswa, sejalan dengan suasana persawahan yang tenang dan nyaman, maka literasi akan semakin efektif. Selain itu dengan adanya taman edukasi akan memberikan pembelajaran bagi siswa untuk mencintai tanaman yang ada di sekitarnya,” sambut Bupati.

Selanjutnya, Bupati juga menyebut pentingnya kesedaran akan peran agama dalam kehidupan dan kenyamanan beribadah merupakan salah faktor pendukung utama.

“Saya merasa bangga atas kehormatan yang diberikan oleh pihak sekolah kepada saya untuk memberikan nama pada musholla yang didirikan di sekitar pondok literasi ini. Dan dengan ini saya namai musholla kebanggaan kita dengan nama Musholla BERIMAN. Diharapkan nantinya para siswa memiliki jiwa sesuai dengan nama musholla ini,” harapnya.

Terkait Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang semakin mengkhawatirkan dan meskipun Sergai telah memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru, namun warga harus terus waspada karena pasien positif Covid-19 di Sergai cenderung bertambah.

“Untuk itu walaupun kita merindukan suasana belajar-mengajar di ruang kelas, kita tetap harus mematuhi anjuran pemerintah untuk belajar dalam jaringan (daring) sementara ini demi meminimalisir potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Diharapkan para orang tua siswa dapat memahaminya, karena hal ini adalah untuk kebaikan anak-anak kita sebagai siswa. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Kepala Sekolah beserta jajaran dan para siswa serta orang tua siswa yang mendukung program peningkatan mutu pendidikan ini. Agar hal yang baik dilanjutkan, dan yang belum baik diperbaiki,” tutupnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM, menyebut berdirinya Pondok Literasi dan Taman Baca ini merupakan kebanggaan bagi jajaran Dinas Pendidikan dan para pelajar khususnya SMPN 4 Tanjung Beringin, apalagi dengan kehadiran Bupati Soekirman beserta jajaran pada kesempatan ini.

“Jajaran Dinas Pendidikan terus menggalakkan program Green, Clean and Life yang salah satunya dilaksanakan di sekolah ini, yang awalnya sekolah ini termasuk gersang dan tidak menarik. Dengan bimbingan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan, maka para Kepala Sekolah yang ada di Sergai diminta berlomba untuk berbuat kreatif dan inovatif dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, serta kenyamanan belajar bagi siswanya,” sebutnya.

Sementara itu Kepala SMPN 4 Tanjung Beringin, Alfi Syahrin Siregar, M.Si mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan seluruh pihak terutama Bupati Sergai, Kadis Pendidikan, Korwil, Komite Sekolah dan masyarakat.

“Hari ini kami mengundang Bupati untuk meresmikan pondok literasi bagi siswa yang penat belajar di rumah. Tentu ini bukan rencana yang tiba-tiba, setelah studi tiru ke daerah lain, maka kemudian kami wujudkan dengan membuat pondok baca di atas sawah yang merupakan satu-satunya di Kecamatan Tanjung Beringin serta diikuti dengan diadakannya Taman Edukasi. Selain itu didukung juga dengan fasilitas rumah ibadah dalam rangka pembentukan moral dan jiwa religius bagi siswa. Untuk lebih menjadikan kegiatan ini monumental, pada kesempatan ini kami juga berikan kehormatan kepada Bapak Bupati untuk memberikan nama Musholla di SMPN 4 Tanjung Beringin yang baru kami rehab tersebut,” katanya.

Selanjutnya Alfi menyampaikan sosialisasi Pembelajaran Daring juga dilakukan pada saat pandemi Covid-19 dengan memberikan pemahaman kepada orang tua siswa agar orang tua siswa dapat memahami serta proses belajar daring berjalan seperti yang diharapkan.

Turut mengikuti kegiatan ini Kadisporaparbud Sudarno, S.Sos, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tanjung Beringin Henci Siregar, Pengurus Dewan Pendidikan, Komite Sekolah, Orang Tua Siswa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta masyarakat sekitar. MC Sergai Vivi/Ardi

672 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *