Hadir Rapat Persetujuan Ranperda, Bupati Berterima kasih pada Pansus DPRD Sergai

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menghadiri Rapat yang beragendakan Persetujuan DPRD Terhadap Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sergai Tahun Anggaran (TA) 2019, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sergai, di Sei Rampah, Rabu (22/07/2020).

Bupati membuka sambutannya dengan menyebut sesuai amanat pasal 320 ayat 1 undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah bahwa kepala daerah wajib menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah paling lambat 6 bulan setelah Tahun Anggaran berakhir.

“Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama jika Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sergai Tahun Anggaran 2019 yang telah disetujui bersama DPRD merupakan kewajiban kepala daerah sebagaimana yang diamanatkan juga dalam undang-undang keuangan negara untuk melengkapi pranata hukum dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan. dokumen tersebut merupakan salah satu wujud implementasi tata kelola pemerintahan yang baik di Kabupaten Sergai,” kata Bupati.

Pertemuan yang penuh kekeluargaan ini, sebut Bupati, merupakan bagian akhir dari rangkaian panjang proses penyusunan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sergai Tahun Anggaran 2019.

“Sebelumnya pada 17 Juni 2020 lalu, diselenggarakan rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sergai Tahun Anggaran 2019. Kemudian 18 Juni 2020 diselenggarakan rapat paripurna dengan agenda mendengarkan dan menerima sekaligus menjawab atas pandangan fraksi atas penyampaian Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sergai tahun 2019. Lalu pada 26 Juni dan 2 Juli 2020 diselenggarakan rapat kerja bersama Badan Anggaran dengan agenda diskusi dan pembahasan Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sergai Tahun Anggaran 2019,” jelasnya.

Bupati menyatakan bahwa berdasarkan hasil diskusi dan pembahasan yang telah dilaksanakan bersama badan anggaran DPRD Kabupaten Sergai, diperoleh beberapa informasi catatan kritik dan saran yang membangun serta rekomendasi yang perlu dan akan segera ditindaklanjuti dan dilaksanakan demi penyempurnaan kinerja pelayanan kepada publik dan pembangunan di Kabupaten Sergai.

“Melalui kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada Dewan yang Terhormat atas persetujuan yang telah diberikan terhadap Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sergai Tahun Anggaran 2019 untuk dapat segera ditetapkan menjadi Peraturan Daerah. Terima kasih juga kami ucapkan kepada pansus DPRD Kabupaten Sergai yaitu Pansus 1 yang telah menyelenggarakan pembahasan terhadap Ranperda tentang irigasi semoga pembahasan dapat memberikan hasil yang maksimal sehingga Ranperda tentang irigasi dapat segera disetujui bersama menjadi peraturan daerah,” ucapnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Pansus 2 yang telah melakukan pembahasan mengenai pengawasan terhadap penanganan Covid-19 di Kabupaten Sergai semoga dengan dilakukannya pembahasan dapat meningkatkan energi dan semangat bersama dalam penanganan dan penanggulangan pandemic covid 19 di Kabupaten Sergai.

“Atas kerjasama dan sinergitas yang telah terjalin baik selama ini semoga dapat kemudahan bagi kita semua dalam mengemban amanah rakyat Kabupaten Sergai,” pungkasnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Ketua DPRD Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, Para Wakil Ketua beserta anggota, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP dan para Asisten. MC Sergai/Vivi/Ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *