Tinjau Infrastruktur, Bupati Sergai: “Masyarakat Harus Aktif dalam Pembangunan Desa”

Bandar Khalifah,

Dalam rangka menindaklanjuti permohonan warga perihal perbaikan sarana dan prasarana desa, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman melaksanakan peninjauan jembatan gantung dan jalan produksi tani desa berlokasi di Dusun Sotul, Desa Juhar, Kecamatan Bandar Khalifah, Rabu sore (29/07/2020).

Bupati menyampaikan jika kehadirannya ini merupakan bagian dari pelaksanaan tugas Kepala Daerah yang meliputi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan sekaligus tindaklanjut aspirasi warga.

Hal itu disampaikannya untuk menepis bahwa kegiatan ini berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan Desember 2020 mendatang. “ Jadi kunjungan ini jangan disalahartikan. Peninjauan ini adalah bagian dari pelaksanaan tugas pemerintahan sebab saya ini masih Bupati Sergai hingga Februari 2021,” tegas Soekirman.

Bupati juga menyampaikan bahwa permohonan yang disampaikan warga terkait perbaikan lantai jembatan gantung dan jalan produksi tani tersebut telah diterima dan akan segera direspons. Namun sekali lagi ditegaskannya bahwa agar permohonan tersebut dirumuskan terlebih dahulu dalam Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat desa hingga tingkat kecamatan serta kabupaten.

” Dengan otonomi seluas-luasnya, saat ini desa juga memiliki anggaran yang dapat digunakan untuk membangun dan memperbaiki sarana infrastruktur di desa. Yang menjadi kewenangan kabupaten, akan menjadi prioritas ke depan. Namun, semua permohonan ini harus masuk dalam perencanaan Musrembang desa lebih dulu. Tidak bisa lagi langsung-langsung,” katanya.

Bupati juga menjelaskan agar masyarakat memahami bahwa pemerintah, mulai dari tingkat bawah sampai atas, bersama masyarakat harus saling bergandengan tangan agar pembangunan dapat dilaksanakan secara merata.

“ Masyarakat jangan jadi penonton saja, tapi harus aktif dan masuk ke dalam lembaga desa agar dapat memperjuangkan dan mengawasi jalannya pembangunan di desa. Ibarat memanggang kue, pemerintah itu adalah api di atas, sementara masyarakat adalah api di bagian bawah yang akhirnya bersama-sama membuat kue tersebut matang dengan sempurna. Artinya, pemerintah dan masyarakat harus saling mendukung dalam pembangunan, agar cita-cita mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera dapat segera tercapai,” sebutnya.

Pada kesempatan ini Bupati juga menghimbau kepada masyarakat untuk menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru Covid-19.

“ Selain itu mari selalu menjaga persatuan dan kesatuan memasuki gelaran Pilkada serentak tahun 2020 ini. Bagi ASN, TNI/Polri agar menjaga netralitas, pun perangkat desa agar menjadi penyejuk suasana agar masyarakat tidak diprovokasi pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” tutupnya.

Dalam kesempatan ini salah seorang tokoh masyarakat Hendi Simbolon menyampaikan beberapa permohonan antara lain pembangunan jalan produksi tani dan perbaikan lantai jembatan gantung yang ada di dusun tersebut.

“ Mudah-mudahan permohonan kami ini dapat segera direalisasikan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dusun Sotul. Kami juga akan terus mendukung segala program yang menjamin keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Sergai yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Hj. Ny. Marliah Soekirman, Asisten I Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, Kaban Kesbangpol Drs.Purba Siregar, Kadis Sosial H. Ifdal, S.Sos, Kadis Perikanan dan Kelautan Sri Wahyuni Pancasilawati, SP, MP, serta perwakilan dari Dinas PUPR dan tokoh masyarakat setempat.

(Mc/Sergai/Nurul/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *