Bupati Sergai Tinjau Pelaksanaan Qurban Dinas Pendidikan

Sei Rampah,

Masih dalam suasana Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Senin (3/8/2020) berkesempatan meninjau pelaksanaan qurban jajaran Dinas Pendidikan bertempat di Halaman Kantor Dinas Pendidikan di Sei Rampah.

“ Saya mengapresiasi atas budaya gotong royong yang ditunjukkan oleh keluarga besar Dinas Pendidikan sehingga dapat melaksanakan qurban dengan jumlah yang cukup banyak tahun ini,” kata Bupati disela-sela kegiatan penyembelihan hewan qurban.

Bupati menyebut, jika Idul Adha bermakna terhadap keteladanan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS yang mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan. Peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama yang menunjukkan ketaqwaan, keikhlasan dan kepasrahan seorang Nabi Ibrahim AS pada perintah sang Pencipta. Makna qurban akan lebih indah pula jika kita lestarikan dan kita terapkan pada diri kita, keluarga, serta dalam membangun masyarakat dan Kabupaten Sergai yang kita cintai ini, katanya.

Melalui momen qurban yang penuh berkah hari ini, Bupati Sergai mengajak seluruh masyarakat khususnya jajaran pendidikan untuk terus belajar, berinovasi dan saling mendukung dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat sehingga melahirkan generasi yang bertaqwa, berbudi pekerti yang luhur, cerdas, produktif, mandiri, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian baik, serta memiliki rasa tanggung jawab untuk bersama membangun daerah tercinta ini.

Dengan penuh semangat Bupati menyampaikan bahwa, kemesraan memang diharapkan tidak cepat berlalu, agar kiranya kita tetap mengingat kita ini kerabat dan bersaudara, meski mungkin pilihan kita berbeda-beda. Dinas pendidikan memang patut untuk diapresiasi, sebab meski dalam pandemi Covid-19, jumlah hewan qurban justru meningkat dari tahun sebelumnya.

Diakhir sambutannya, Bupati mengharapkan meski kondisi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dan kegiatan perekonomian berjalan normal kembali, agar kita justru meningkatkan kewaspadaan kita akan penyebaran virus Covid-19. Sebab, saat ini jumlah suspek justru semakin meningkat, bukan hanya di Sergai, namun juga dibanyak daerah di Indonesia.

“ Biarkan proses politik berjalan, namun keselamatan masyarakat yang paling utama, agar daerah kita tidak menjadi zona hitam, yaitu bentuk ketidak pedulian masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan Covid-19 di wilayahnya,” tandas Bupati Soekirman.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM menyampaikan kehormatan dan kebanggaan kegiatan ini selalu dihadiri oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman. Kegiatan mengusung tema ” Dengan berqurban kita jalin silaturahmi dalam beragama dan menjadikan motivasi kerja untuk meningkatkan mutu pendidikan berkarakter, beriman dan berakhlak Karimah” bertujuan untuk meningkatkan rasa empati pada sesama, dimana saat hari raya semua orang berhak merasakan kebahagiaan, mendapatkan hak makanan dan kenikmatan yang sama.

Selain itu, tambah Kadis Pendidikan, dengan berqurban kita dapat menjalin silaturahmi dalam beragama dan meningkatkan motivasi budaya kerja, serta berqurban menjadikan kita lebih bertaqwa, dimana yang mampu tetap mengingat saudaranya yang kurang mampu, serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

Pada perayaan Idul Adha tahun ini, Dinas Pendidikan Sergai menyembelih 39 ekor lembu dan 13 ekor kambing yang berasal dari gotong royong dan pelaksanaan qurban disebar diseluruh jajaran Dinas Pendidikan, Korwil dan Kepala SD/SMP se-Sergai, ungkap Joni Walker.

Hadir juga dalam acara, Kepala OPD, Direktur TMC Indonesia Taslim Moeis, Dewan Pendidikan, Korwil Bidang Pendidikan, Kepala SD/SMP se-Sergai, serta para undangan.(Mc/Sergia/Nurul/Rini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *