Bupati Sergai Lakukan Monev Pelaksanaan Pembangunan Desa di Kecamatan Perbaungan

Sei Rampah,

Melanjutkan agenda kegiatan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Pembangunan di Kecamatan Perbauangan, Selasa (4/8/2020).

Kegiatan monev diawali di Desa Sei Buluh, dilanjutkan dengan Desa Lubuk Bayas, Desa Tanah Merah, Desa Kesatuan, serta Desa Pematang Sijonam.

“ Sebagai Kepala Daerah, mulai kemarin, Senin (3/8/2020) saya Bupati Sergai beserta Wabup berjalan bersama-sama dalam melaksanakan tugas utama Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan. Mengawali perjalanan monev, kami melihat sejauh mana penggunaan Dana Desa Tahun 2019 di Kecamatan Pantai Cermin serta manfaatnya bagi masyarakat desa itu sendiri. Sementara untuk anggaran tahun 2020 kita semua mengetahui bahwa anggaran pemerintah daerah maupun desa mengalami refocussing dan realokasi anggaran terkait Covid-19,” kata Bupati.

Kunjungan ini, lanjut Bupati, selain untuk memantau pembangunan infrastruktur yang dibangun desa menggunakan ADD/DD antara lain rambat beton, saluran drainase, Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL), irigasi, jembatan, plat beton, bedah rumah, poskesdes, serta infrastruktur pendukung lainnya. Sedangkan poin utama kunjungan ini adalah agar desa-desa yang ada di Kabupaten Sergai ini menyelesaikan tunggakan pajak dan taat akan pajak.

“ Hal ini kami lakukan, karena kami tidak ingin ada Kepala Desa yang terjerat hukum akibat tidak taat akan pajak, pajak yang dibayarkan tersebut sangat berpengaruh pada pendapatan daerah melalui dana bagi hasil yang nanti juga akan dimanfaatkan oleh desa-desa yang ada di Kabupaten  Tanah Bertuah Negeri Beradat,” ungkapnya.

Bupati menambahkan, meski dampak Pandemi Covid-19 cukup terasa, kami berharap kerjasama dari semua pihak terutama desa untuk dapat menyelesaikan kewajiban akan pajak tersebut paling lambat akhir Desember tahun ini. Permasalahan pajak yang sering ditemui adalah lambatnya proses administrasi wajib pajak sehingga menghambat penagihan pajak tersebut, imbuhnya.

 Terakhir, terkait dengan aspirasi dari masyarakat khususnya bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19 bersumber dari dana pemerintah daerah yang di refocussing, perlu disampaikan disini bahwa dana refocussing dan realokasi tersebut berdasarkan aturan yang berlaku hanya dapat disalurkan jika status daerah kita ini telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sampai saat ini saya masih terus meminta saran dan masukan dari pemerintah pusat agar kiranya dana refocussing dapat segera disalurkan kepada masyarakat, tandas Bupati.

 

Dalam kesempatan yang sama, Camat Perbaungan Drs Benny Saragih MM mengemukakan, hari ini dalam rangka monev  pembangunan desa di Kecamatan Perbaungan. Adapun rute meliputi desa-desa yang ada di Kecamatan Perbaungan. “ Semoga dengan kegiatan ini, dapat memudahkan bagi desa-desa dalam melaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat desa,” ujarnya.

Peningkatan Pembangunan Desa, Para Kades Ucapkan Terimakasih

Sedangkan Kades Sei Buluh, Sukardi, menyebut kunjungan kepala daerah hari ini dapat menjadi pencerahan khususnya dalam pelaksanaan pembangunan desa. “ Segala masukan yang diberikan menjadi tolok ukur terutama bagi saya beserta staf, sehingga kedepannya kami dapat lebih mudah dalam melaksanakan pembangunan dengan tetap mengikuti peraturan dan menaati kewajiban akan pajak. Kami berkomitmen dalam waktu dekat pajak yang tertunggak akan segera dapat diselesaikan,” ucapnya dengan yakin.

Begitupun dengan  Kades Lubuk Bayas, Ruslizar, SE, sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada pimpinan karena telah mengingatkan kami dalam penyelesaian tunggakan pajak desa. “ Kami berkomitmen akan dapat menyelesaikan kewajiban atas pajak tersebut dengan sesegera mungkin dalam rangka mendukung keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Sergai,” tegasnya.

Selanjutnya Kades Tanah Merah, Ruslan menyebut, terdapat beberapa kendala dalam penyelesaian tunggakan pajak, namun dengan kunjungan ini kami menjadi semakin faham dan dalam waktu dekat kami akan segera menyelesaikan tunggakan tersebut sebab memang membayar pajak hasilnya nanti juga adalah untuk pembangunan desa juga. Selain itu disampaikan terkait bantuan bagi keluarga terdampak Covid-19. “ Mohon pencerahannya dari Bupati terkait hal ini karena kami menampung aspirasi dari masyarakat tentang bantuan ini,” harapnya.

Kemudian Kades Kesatuan, Darwin, menyampaikan terkait perihal bansos tidak ada kendala, selanjutnya kewajiban pada tunggakan pajak serta dokumen kelengkapan administrasi pembangunan akan segera kami tindaklanjuti dan secepatnya diselesaikan. “ Terimakasih kepada Bupati Sergai karena ruas jalan Kesatuan menuju Pantai Cermin telah masuk dalam perencanaan realisasi di tahun 2021. Segala yang sudah baik agar kiranya dapat dilanjutkan, sementara yang belum baik agar diperbaiki,” pungkasnya.

Terakhir Kades Pematang Sijonam, Rusiadi, SH menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sergai atas bantuan pembangunan infrastruktur jalan hotmix poros Pematang Sijonam hingga menuju Pantai Cermin yang Insha Allah akan direalisasikan segera. “ Hal yang baik kami dukung untuk keberlanjutan pembangunan, serta yang belum baik mari kita sama-sama perbaiki untuk kesejahteraan seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Hadir juga dalam acara, para Asisten, Kepala OPD terkait, para Kades dan jajaran, Pendamping Desa Kecamatan Perbaungan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta undangan lainnya.(Mc/Sergai/Nurul/Rini)

848 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *