Siapkan SDM, Pemkab Sergai Gelar FGD “Manfaat Pembangunan Jalan Tol Terhadap Pembangunan“

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman, Senin (10/8/2020), membuka Focus Group Discusion (FGD) dengan tema “ Manfaat Pembangunan Jalan Tol Terhadap Pembangunan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) “ bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.

Hadir juga dalam acara, Narasumber Dr. Ir. H. T. Erry Nuradi , M.Si, Ketua Yayasan Urban and Regional Solution Institute (URSI) Dr. OK. Henri, M. Si, Kaspan Eka Putra, P.H.D, Wahyu Hidayat, ST, M.eng, para Asisiten dan Kepala OPD.

Saat membuka kegiatan, Bupati Sergai Ir H Soekirman, atas nama Pemkab Sergai menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya FGD ini serta ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam kelancaran kegiatan ini.

Terkait dengan tema kegiatan, yaitu pembangunan jalan tol ini, agar mobilitas seluruh masyarakat menjadi lebih mudah, cepat, efisien, menghemat biaya logistik dan memicu perkembangan ekonomi daerah. “ Dengan kehadiran infrastruktur jalan tol diharapkan dapat mewujudkan pemerataan hasil pembangunan, menumbuhkan ekonomi lokal yang inklusif mewujudkan keadilan sosial masyarakat dan tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup,” ungkapnya.

Bupati juga menyebut, Dalam beberapa tahun terakhir ini pembangunan infrastruktur khususnya jalan tol terus menjadi prioritas pemerintah dalam menghasilkan infrastruktur jalan bebas hambatan yang ekstensif sehingga nantinya dapat mendongkrak produktivitas melalui transformasi yang bersifat struktural.

“ Kehadiran infrastruktur jalan tol mengakibatkan perubahan tata guna lahan dan peruntukan ruang di sepanjang jalan tol. Pemkab Sergai juga harus siap dan sigap memaksimalkan potensi daerah untuk memetik manfaat pertumbuhan ekonomi lokal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus melakukan restrukturisasi tata ruang wilayah,” jelasnya.

Bupati menambahkan, Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat saat ini memiliki empat gerbang tol yaitu gerbang tol Teluk Mengkudu, gerbang tol Sei Rampah, gerbang tol Perbaungan dan gerbang tol Tebing Tinggi serta 1 rest area. Hal ini tentu saja memberikan peluang yang besar untuk pengembangan wilayah di sekitarnya.

Diakhir sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa FGD ini bertujuan untuk menyiapkan atau membekali SDM khususnya para pemangku kebijakan akademisi aktivis dan pelaku usaha yang berada di Kabupaten Sergai untuk lebih memperhatikan pengembangan dan pembangunan di wilayah Sergai. MC Sergai Vivi/Rini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *