Pemkab Sergai Dukung Penyelenggaraan SP September 2020

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mendukung penyelenggaraan Sensus Penduduk (SP) yang akan digelar pada bulan September 2020 mendatang. Dukungan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Bupati Serdang Bedagai Nomor : 18/470/5504/2020 tanggal 14 Agustus 2020.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sergai Drs H Akmal, AP, M.Si, di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat pagi (28/8/2020).

Akmal melanjutkan bahwa, sebelumnya di Kabupaten Sergai telah dilaksanakan SP Online 2020 periode 15 Februari -29 Mei lalu dan berhasil terkumpul sebanyak 82.938 informasi penduduk atau jika dipersentasekan sebesar 13,47%. Jumlah penduduk tersebut berasal dari 21.086 keluarga atau 12,03% dari total keluarga di Sergai, sebutnya.

Sedangkan SP lanjutan pada September 2020 ini adalah untuk melengkapi cakupan pendataan seluruh penduduk di Indonesia, termasuk di Sergai, secara langsung atau offline. “Pada proses selanjutnya, SP 2020 September akan dilakukan oleh para petugas sensus yang aktif menyisir seluruh wilayah agar tidak ada penduduk yang tidak tercatat, termasuk penduduk yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sesuai dengan kesepekatan bersama antara Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri dengan Badan Pusat Statistik (BPS), hal tersebut akan ditindaklanjuti dengan pemberian NIK kepada penduduk tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas data kependudukan Indonesia,” katanya.

Dalam hal ini, lanjut Akmal lagi, sebagai bentuk peran aktif dalam mendukung program ini, diminta kepada OPD terkait serta Camat secara berjenjang melalui Kepala Desa/Lurah beserta aparatnya agar menginstruksikan kepada Ketua Satuan Lingkungan Setempat (SLS) dalam hal ini Kepala Dusun dan Kepala Lingkungan untuk membantu petugas sensus dalam melaksanakan tugas-tugasnya seperti memeriksa daftar penduduk dan verifikasi lapangan. Selain itu, perlu juga mendorong masyarakat untuk aktif serta dalam kegiatan ini, utamanya dalam mengisi kuisioner dengan baik dan benar untuk kemudian diserahkan kembali agar dapat diproses oleh petugas, jelas Akmal.

“ Kami berharap persentase partisipasi masyarakat tetap tinggi, tentunya dimasa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) ini kita tetap disiplin menjalankan anjuran protokol kesehatan demi kebaikan bersama,” ujarnya.

Sergai Masuk 10 Besar Response Rate Sensus Online 2020 se-Sumut

Kabupaten Sergai masuk dalam 10 besar kabupaten/kota terbaik se-Sumatera Utara (Sumut) yang mencatatkan persentase untuk kategori kabupaten dengan capaian Response Rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) online yang sebelumnya di gelar pada periode 15 Februari -29 Mei 2020.

Atas pencapaian ini, Pemkab Sergai diganjar penghargaan oleh BPS yang diserahkan kepada Bupati Soekirman yang didampingi Wabup H Darma Wijaya tepat pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 beberapa waktu lalu.

“Syukur alhamdullilah, di masa-masa pandemi seperti sekarang, kita masih mampu membuktikan diri dengan meraih prestasi membanggakan dalam partisipasi pada kegiatan akbar SP 2020.
Prestasi ini, sebut Akmal, menjadi bukti jika seluruh pihak telah menjalankan sinergi dan kerjasama yang baik, mulai dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan Instansi Vertikal, OPD dan Pemerintah Kecamatan serta kelurahan/desa dan tentunya terutama sekali masyarakat Sergai yang telah ikut berpartisipasi dalam sensus tersebut.

“ Ini sangat membanggakan karena menunjukkan jika masih banyak warga yang sadar akan pentingnya data yang terkumpul dalam perhelatan sensus nasional yang diadakan setiap 10 tahun sekali ini,” tutup Kadis Kominfo. (MC/Sergai/Rini/Ardi)

425 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *