Melalui Zoom Meeting,  Sergai Gelar Rapat Evaluasi SAKIP Bersama Kemenpan-RB

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, membuka Rapat Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bersamaKementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(Kemenpan-RB), bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (31/08/2020).

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekdakab, Bupati menyebut sebagaimana peraturan presiden RI Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP, bahwa penyelenggaraan SAKIP dilaksanakan secara selaras dan menyeluruh, serta sesuai dengan tatacara pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan baik di pusat maupun di daerah.

“Penyelenggaraan SAKIP pada tingkat perangkat daerah dilaksanakan oleh entitas akuntabilitas kinerja perangkat daerah yaitu instansi pemerintah selaku pengguna/kuasa pengguna anggaran yang melakukan pencatatan, pengelolaan dan pelaporan data kinerja. Kebijakan peningkatan implementasi SAKIP Pemkab Sergai di antaranya memastikan target kinerja sebelum pengajuan anggaran, melakukan perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data kinerja, pelaporan kinerja serta review dan evaluasi kinerja. untuk itu harus ada keselarasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan Rencana Strategis (Renstra), Keselarasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja) dan kinerja berorientasi hasil, monitoring dan evaluasi secara berkala, pelaporan kinerja serta evaluasi kinerja,” jelasnya lagi.

Selanjutnya, Bupati mengingatkan kembali jika hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2019 Kabupaten Sergai masih memperoleh nilai 64,32 predikat B sedikit meningkat dari tahun 2018 dengan nilai 62,87 predikat  B.

“ Pada tahun ini kita targetkan nilai AKIP Kabupaten Sergai meningkat menjadi BB. Target ini adalah optimisme kita setelah apa yang kita kerjakan terkait dengan implementasi SAKIP di Kabupaten Sergai,” jelasnya.

Selanjutnya, melalui sambutan Bupati disampaikan jika rekomendasi tahun lalu telah ditindaklanjuti mulai dari penyelarasan program kegiatan,cross-cutting tujuan strategis dengan sasaran strategis sehingga terjadi sinergitas antar perangkat daerah dalam mewujudkan sasaran strategis pembangunan Kabupaten Sergai. Hal ini, sebutnya, tidak lepas dari peran BAPPEDA bersama perangkat daerah Kabupaten Sergai yang telah menyusun cascading RPJMD, keselarasan cross-cutting kinerja sehingga terjadi pengintegrasian perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan. Inspektorat Kabupaten juga telah melakukan review dan monitoring terhadap SAKIP perangkat daerah.

“ Melalui implementasi SAKIP, penggunaan APBD dapat berjalan dengan efektif dan efisien, perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja dan berorientasi hasil, yang pada akhirnya pelayanan semakin optimal terlihat, serta kesejahteraan masyarakat meningkat. Pada tahun 2020 ini, berhubung terjadinya pandemi Covid-19 rencana kinerja dan anggaran mengalami perubahan yang sangat signifikan. Sehingga kita melakukan refocusing anggaran. Refocusing anggaran disusun melalui proses bisnis mulai dari pendataan kebutuhan sarana prasarana kesehatan penanganan Covid, perencanaan dan pendataan masyarakat terdampak Covid-19.

Terakhir, Bupati mengatakan dalam rangka penguatan implementasi reformasi birokrasi pemerintah yang difokuskan kedalam 8 (delapan) area perubahan, Pemkab Sergai terus berupaya dalam melakukan peningkatan budaya kinerja, perbaikan regulasi, penataan organisasi, penataan tatalaksana, penataan SDM dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Usai pembukaan rapat, acara dilanjutkan dengan evaluasi SAKIP oleh Kemenpan RB secara virtual dengan menelaah dan tanya jawab serta sharing dengan perwakilan beberapa OPD sebagai sampel SAKIP untuk dievaluasi, antara lain Bappeda, Inspektorat, Dinas Pendidikan dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sergai.

Dalam kegiatan ini hadir pula para Asisiten, jajaran Kepala OPD dan perwakilan Kemenpan-RB. (Mc/Sergai/Nurul)

32 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *