Bupati Sergai : “ Perbankan Diharapkan Bantu Perekonomian Masyarakat “

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya  menerima kunjungan audiensi jajaran Bank Sumut Syariah di Ruang Kerja Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (15/3/2021).

Dalam audensi tersebut, Bupati Darma Wijaya berharap seluruh Perbankan yang beroperasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya para petani dan nelayan melalui penyaluran kredit produktif.

“ Beberapa program Perbankan yang bisa dikerjasamakan dan menyentuh langsung terhadap peningkatkan perekonomian masyarakat. Bukan melulu  kredit, juga Corporate Social Responsibility (CSR) serta program lainnya. Kami berharap Bank Sumut sebagai Bank perkeditan rakyat memberikan perhatian lebih kepada masyarakat khususnya di Sergai,” harap Bupati Sergai yang didampingi Sekdakab H.M Faisal Hasrimy, AP, M.AP dan Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin.

Bupati juga meminta kepada pihak  Bank Sumut Syariah untuk mendukung program yang sedang digencarkan oleh Pemkab Sergai yaitu Gerakan Amal Sholeh (GAS) dan Gerakan Amal Kasih (GAK) untuk disalurkan kepada bilal mayit, penggali kubur dan guru mengaji maupun tempat ibadah di Sergai.

Terkait dengan penyalurannya, Bupati menjelaskan bahwa bantuan yang akan diberikan kepada bilal mayit, penggali kubur dan guru mengaji memang membutuhkan peran dari Perbankan. Oleh karenanya, Bupati mengharapkan pihak Bank Sumut mendukung program tersebut yang  rencananya akan disalurkan menggunakan kartu, bebernya.

“ Program GAS dan GAK ini diprogramkan terwujud sebelum bulan Ramadhan. Kami juga akan melakukan pendataan dengan meminta Camat menginstruksikan kepada para Kepala Desa agar mengumpulkan KK dan KTP bagi petugas penggali kubur, bilal mayit dan guru mengaji sehingga proses pendataan tepat sasaran,” imbuhnya.

Sehubungan dengan pembangunan infrastruktur yang menyentuh masyarakat, Bupati Sergai meminta agar penggunaan dana desa lebih tepat sasaran. Melalui dana desa yang merupakan program Presiden RI Joko Widodo, agar penggunaanya mengena ke desa sehingga  desa bisa mengelola secara swadaya dalam hal perekonomian dan masyarakat menjadi sejahtera.

Sebelumnya, KCP Bank Sumut Syariah Kp. Pon, Ilmi mengatakan bahwa kunjungan audiensi kepada Bupati untuk menyampaikan beberapa program Bank Sumut yang bisa dikerjasamakan dengan Pemkab Sergai. Salah satunya sistem penyaluran bantuan kepada penggali kubur dan bilal mayit yang di programkan Bupati.

” Kehadiran Bank Sumut Syariah agar dapat memfasilitasi rekening penyaluran dana bilal mayit, penggali kubur dan guru mengaji. Kami sangat menyambut baik program itu dan kami siap mendukungnya,” kata Ilmi seraya mengatakan keinginan dari management Bank Sumut Syariah yang akan melakukan pengembangan wilayah di Kabupaten Sergai.

Pihaknya juga menyampaikan kesiapannya untuk menjadi penyalur dana desa yang ingin membangun petrasol atau pertamini yang dikelola BUMDes. Semakin banyak petrasol maka akan semakin mudah masyarakat mendapatkan BBM,” katanya penuh yakin. MC Sergai/rini/ardi/vivi

214 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *