Pemkab Sergai Ajak Stakeholder Bersinergi Entaskan Stunting

Sei Rampah,

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada tubuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir, kata Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP dalam sambutannya pada acara Komunikasi Informasi dan Edukasi Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan dalam rangka Pencegahan Stunting di Aula Dinas Kesehehatan Kabupaten Sergai, Sei Rampah, Selasa (16/3/2021).

Untuk mencegah itu semua, lanjut Faisal, diperlukan makan makanan bergizi yang berasal dari buah dan sayur lokal sejak dalam kandungan. Kemudian diperlukan pula kecukupan gizi remaja perempuan agar ketika dia mengandung saat dewasa tidak kekurangan gizi. Selain itu ungkapnya lagi, butuh perhatian pada lingkungan untuk menciptakan akses sanitasi dan air bersih.

Oleh karenanya, mengingat hal tersebut, Faisal Hasrimy meminta kepada seluruh stakeholder terkait untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar masalah stunting di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat segera selesai. Hal ini sesuai dengan komitmen Bupati dan Wakil Bupati Sergai di salah satu misi nya yaitu mencerdaskan anak-anak bangsa.

“ Sebagai pelayan masyarakat kita harus lebih memberikan edukasi kepada masyarakat agar masalah stunting di Sergai selesai mengingat komitmen Bupati dan Wakil Bupati di salah satu misinya yaitu mencerdaskan anak-anak bangsa,” ungkapnya.

Masih kata Faisal, negara melalui Menteri Kesehatan tegas dalam permasalahan stunting ini, Dengan demikian, di daerah sebagai ujung tombak harus mampu bersinergi dan saya berharap permasalahan stunting di tahun ini dapat kita tuntaskan.

“ Kepada seluruh stakeholder mari kita bersama dan saling bersinergi dalam upaya mengentaskan stunting agar anak-anak yang merupakan generasi penerus kita tetap sehat, pintar, hebat karena merepa adalah pemimpin masa depan bangsa kita,” ungkapnya.

Faisal yakin, dengan kekompakan kita untuk selalu mengedukasi masyarakat dalam menjalankan pola hidup sehat membuat Kabupaten Sergai akan menjadi kabupaten yang sehat dan berkembang sejalan dengan masyarakatnya yang sehat,” pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan, perwakilan  Bappeda Provinsi Sumatera Utara (Provsu),  Pokja IV TP PKK Provsu, perwakilan Dinas Kesehatan Provsu, perwakilan BKKBN Provsu, Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus, MA, para Kepala OPD terkait serta undangan lainnya. MC Sergai Rini/Ardi/Vivi

289 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *