Resmikan 10 Desa Tangguh, Wabup Sergai: “Jangan Lelah Edukasi Masyarakat”

Perbaungan,

Sebagai wujud usaha untuk membentuk kesiapsiagaan desa dalam menghadapi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, secara simbolis meresmikan 10 (sepuluh) desa yang masuk dalam program Desa Tangguh, bertempat di kantor Kepala Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Kamis (18/03/2021).

Wabup Adlin Tambunan menyampaikan apresiasi terhadap kesiapan dan ketangguhan kesepuluh desa dalam menghadapi ancaman pandemi. Ini dibuktikan salah satunya dari berbagai hasil bumi yang ditampilkan dalam acara ini.

“Alhamdulliah, bersama-sama kita saksikan bagaimana hasil bumi yang dihasilkan oleh jajaran Desa Tangguh yang diresmikan hari ini benar-benar memuaskan. Kesiapan sebuah daerah dalam menghadapi tantangan pandemi ini dimulai dari desa dan kesiapan desa jelas akan sangat membantu pemerintah dalam memastikan masyarakat dapat survive kedepannya,” papar Adlin.

Melalui kegiatan ini, Wabup juga mengimbau kepada aparatur desa untuk tidak henti-hentinya mengedukasi masyarakatnya masing-masing terkait pencegahan Covid-19, termasuk menggalakkan kampanye positif terhadap program vaksinasi yang saat ini sedang diselenggarakan secara nasional.

“Jangan pernah lelah melakukan edukasi dan sosialisasi akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu masyarakat juga harus diberi informasi dan pencerahan akan pentingnya vaksinasi yang saat ini sedang berlangsung, mengingat masih ada beredar informasi keliru tentang vaksin. Pastilah kita tidak menginginkan pandemi bercokol lebih lama. Dukungan solid dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk menyukseskan program penanganan pandemi ini,” tutupnya.

Kepala Desa Sei Nagalawan, Mahyaruddin Salim, dalam laporannya menyampaikan kalau hingga saat ini desa yang dipimpinnya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang ditujukkan untuk penanggulangan dan pencegahan Covid-19. Ia menyebut, fasilitas tersebut di antaranya tersedianya para relawan, posko penanganan serta rumah isolasi.

“Kita patut bersyukur hingga hari ini Desa Sei Nagalawan berstatus nihil kasus konfirmasi Covid-19. Ini berkat kerja keras dan komitmen masyarakat desa. Ini akan terus berusaha kami jaga,” janjinya.

Di kesempatan serupa, Kabag OPS Polres Sergai Kompol T Manurung, menyebut sudah ada 77 desa yang diresmikan sebagai Desa Tangguh di Kabupaten Sergai. Dengan tambahan 10 desa ini, maka total sudah ada 87 desa.

“Adanya Desa Tangguh ini sangat penting sifatnya untuk memutus mata rantai pandemi. Mari kita bersama-sama aktif berkoordinasi, baik dari aparat desa, Babhinkabtibmas, dan seluruh unsur terkait. Mari bekerja optimal dalam memonitoring pergerakan warga yang keluar masuk,” katanya.

Proses peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Adlin Tambunan didampingi oleh jajaran Kepala OPD, Plt. Camat Perbaungan dra. Sri Rahayu serta para Kepala Desa dari Desa Tangguh yang dicanangkan.

Kesepuluh desa yang masuk program Desa Tangguh tersebut yakni Desa Sei Nagalawan, Kota Galuh, Lubuk Rotan, Sei Sijenggi, Citaman Jernih, Suka Jadi, Jambur Pulau, Melati II, Bengkel dan Deli Muda Hulu.

Di akhir acara, Wabup juga meninjau jajaran hasil bumi dari 10 desa yang dicanangkan sebagai Desa Tangguh.  (MC/Sergai/Ardi)

766 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *