Pemkab Sergai Segera Salurkan Vaksin ke Masyarakat

Sei Rampah, 

Sebagai tindak lanjut dalam percepatan penanganan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan segera melakukan  penyaluran vaksinasi kepada masyarakat terkhusus tenaga kesehatan yang belum di vaksin dan masyarakat lanjut usia (Lansia).

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan saat menerima kunjungan Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan RI dr. H. Muhammad Budi Hidayat di Aula Dinas Kesehatan, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (30/3/2021).

Wabup Adlin Tambunan mengutarakan bahwa hingga sampai saat ini pandemi belum juga usai, dan di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat sendiri dirasa masih cukup mengkhawatirkan.

“Hingga hari ini, menurut data peta sebaran Kabupaten Sergai, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami pertambahan 10 kasus. Dari sebelumnya 556 kasus menjadi 566 kasus. Dengan rincian 482 sembuh, 45 masih dirawat dan 39 orang meninggal dunia,” kata Adlin.

Oleh karenanya, Pemkab Sergai tak bosan-bosannya untuk mengingatkan kepada masyarakat agar benar-benar menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menjauhi keramaian.

Wabup menambahkan, ini juga sesuai dengan implementasi Instruksi Mendagri nomor 3 tahun 2021,tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro, pada tingkat kecamatan sampai ke kelurahan/desa.

Sejalan dengan hal itu, Pemkab Sergai bersama jajaran Polres berencana ditahun 2021 ini berencana menargetkan pencanangan 120 kampung tangguh di Kabupaten Sergai,”jelasnya.

Selain kampung tangguh, juga telah disalurkan berbagai bantuan untuk masyarakat yang terdampak pandemi mulai dari Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Kemarin kami baru saja menerima  vaksin tahap ke II termin II sebanyak 5.900 dosis yang akan segera kita salurkan ke puskemas. Vaksin ini akan disalurkan bagi pelayan publik dan lansia. Kami juga siap mendukung Pemerintah provinsi dan pusat dalam menangani pandemi Covid-19,”tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan dr. H. Muhammad Budi Hidayat mengatakan ketersediaan stok vaksin secara nasional aman.

Muhammad Budi Hidayat meminta Pemkab Sergai untuk segera menyalurkan vaksinasi kepada masyarakat dan Lansia yang ada. Sehingga vaksin dapat kami salurkan kembali demi penanganan dan pencegahan pandemi dapat segera dilakukan, katanya.

” Kami imbau masyarakat agar tidak takut divaksin. Saya pastikan bahwa vaksin aman dan halal meskipun dilakukan saat sedang berpuasa Ramadhan. Vaksinasi di bulan Ramadhan dilakukan karena diatur dari kedatangan vaksin dari luar negeri. Sertifikat BPOM dan MUI sudah ada, kami pastikan itu aman dan halal meskipun di suntik saat Ramadhan.Yang pasti masyarakat sahur dulu sebelum di Vaksin dan dalam kondisi yang sehat,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, Dirut RSUD Sultan Sulaiman dr. Nanda Satria Hasrimy, serta perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. (MC/Sergai/Rini/Ardi)

392 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *