7 Kecamatan Dihantam Puting Beliung, Pemkab Sergai Salurkan Bantuan

Sei Rampah,
Cuaca ekstrim dan puting beliung yang melanda Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Jumat dan Sabtu (23-24/04/2021) dilaporkan merusak puluhan rumah warga dan fasilitas publik di 7 kecamatan.
Bupati Sergai Darma Wijaya melalui Sekretaris Daerah (Sekda) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, dalam keterangannya menyatakan jika setidaknya puluhan rumah warga dan 3 fasilitas publik dikabarkan mengalami kerusakan.
“Dari data terbaru yang kami terima, ada puluhan rumah warga yang mengalami kerusakan dengan tingkat yang berbeda-beda, mulai dari rusak ringan, sedang hingga yang rusak berat. Puluhan rumah warga itu tersebar di beberapa desa di 7 Kecamatan; Pantai Cermin (3 Desa), Sei Rampah (4 desa), Tanjung Beringin (2 desa), Sei Bamban (2 desa), Pegajahan (2 desa), Teluk Mengkudu (4 desa) dan Perbaungan (8 desa),” jelas Faisal.
Ia juga menuturkan, di saat yang sama bencana alam puting beliung juga merusak 3 titik fasilitas publik yaitu sekolah PAUD di Pantai Cermin, parkiran masjid Al-Faruq di Sei Bamban dan Kantor Desa Sei Nagalawan di Perbaungan.

“Kita patut bersyukur tidak ada warga kita yang jadi korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materil yang dialami ditaksir hingga ratusan juta rupiah,” katanya.
Selain kerusakan, Faisal menyebut pada jumat lalu puting beliung juga menyebabkan pohon tumbang dan mengakibatkan lalu lintas terhambat di sekitaran Jalinsum dekat sungai Ular, Perbaungan.
“Namun kondisi pohon tumbang ini telah ditangani oleh Camat Perbaungan bergotong-royong bersama warga sekitar menyingkirkan batang pohon yang ada sehingga arus lalu lintas menjadi normal kembali. Pohon tumbang juga terjadi di Sukarame Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin dan menimpa rumah warga yang mengakibatkan rumah rusak berat,” tambahnya.
Merespons bencana yang terjadi, Sekdakab menyebut Bupati Sergai Darma Wijaya langsung menginstruksikan para Camat mengerahkan kegiatan gotong-royong untuk melakukan perbaikan rumah warga yang terimbas bencana bersama dengan seluruh Kepala Desa/Perangkat Desa se-wilayah kecamatan masing-masing.
Bupati juga meminta dilakukan pendataan secara akurat terhadap masyarakat yang rumahnya jadi korban. Selain itu, Darma Wijaya juga meminta pihak terkait mengkoordinasikan langkah penanggulangan bencana ini kepada para stakeholder dengan melakukan langkah nyata dengan mengerahkan semua potensi yang ada di wilayah kecamatan masing-masing dan dibantu personil dari BPBD, Satpol-PP, Tagana Dinas Sosial, Pramuka, Kepala Desa/Perangkat Desa yang ada di wilayah Kecamatan.
“Secara khusus, Pak Darma Wijaya mengucapkan terima kasih atas gerak cepat para Camat yang sudah tanggap dan segera melaporkan kejadian tersebut pada kesempatan pertama, serta langsung hadir di saat yang tepat di tengah-tengah masyarakat yang terdampak. Intinya, beliau meminta agar dilakukan aksi nyata segera,” sebut Sekdakab sambil menambahkan jika Bupati juga akan terus memantau perkembangan penanganan lewat laporan progres dan juga meminta kepada seluruh tim yang terjun langsung menangani agar mengambil inisiatif langkah-langkah yang dianggap perlu di lapangan.
Pemkab Sergai Langsung Salurkan Bantuan
Masih lanjut Faisal, melalui Asisten Pemerintahan Umum dan Kesra Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, beserta tim juga sudah turun langsung meninjau rumah para korban bencana angin puting beliung sembari memberikan bantuan di wilayah Kecamatan Perbaungan, Sabtu (24/04).
“Bantuan tersebut berupa broti, seng dan paku, beras, minyak goreng serta kain sarung,” sebut Faisal.
Hadir dalam serah terima bantuan ini para Kepala OPD terkait, Camat beserta Forkopincam. Atas bantuan ini, warga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan serta Pemkab Sergai yang telah melakukan aksi cepat dan aktif dalam membantu para korban.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi)
13 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *