Pemkab Sergai Ikuti Peringatan Harkitnas ke-113 Secara Virtual  

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 secara virtual di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (20/5/2021).

Upacara Harkitnas terpusat di lakukan di Kantor Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) Jakarta dan diikuti secara virtual oleh Instansi maupun Pemerintah daerah se-Indonesia.

Hadir mengikuti Upacara Harkitnas tersebut, Bupati Sergai Darma Wijaya didampingi Wabup Adlin Umar Yusri Tambunan, unsur Forkopimda Sergai, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, para Asisiten, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD serta para Camat mengikuti secara virtual di kantor masing-masing.

Dalam sambutan Menetri Kominfo RI Johnny G Plate yang juga bertindak sebagai Pembina Upacara, menyampaikan bahwa seratus tiga belas tahun lalu, perhimpunan Boedi Oetomo meletakkan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia. Tiga hal panting yang diretas Boedi Oetomo adalah pertama, cita-cita untuk memerdekakan cita-cita kemanusiaan; kedua, memajukan nusa dan bangsa; serta ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“ Tiga hal di atas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi. Senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya,” kata Menteri Kominfo.

Peringatan Harkitnas ini pada akhirnya bukan sekadar menjadi ritual untuk mengenang kejayaan sejarah masa lalu-saat soliditas persatuan era Boedi Oetomo terbentuk-tanpa disertai tilikan memadai untuk mengejawantahkan semangat yang telah dirintis dr. Soetomo dan kawan-kawan itu ke dalam praktik berbangsa dan bernegara yang lebih operasional.

Peringatan Harkitnas saat ini, lanjutnya lagi, sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh. Bangkitlah Kita Bangsa yang Tangguh!”. Tema ini mengingatkan bahwa semangat kebangkitan nasional mengajari kita untuk selalu optimistis menghadapi masa depan. Kita hadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini.

“ Tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pandemi yang sudah melanda secara global lebih dari setahun ini. Sembari bersiaga menghadapi ancaman gelombang baru pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan,” imbuhnya.

Tangguh juga dalam menghadapi beragam tantangan selama masa pandemi dengan beredarnya banyak misinformasi, disinformasi dan hoaks. Terutama ditujukan untuk menjaga kesatuan sebagai bangsa. Mari kita manfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak, katakan tidak pada segala jenis hoaks, ujaran kebencian dan berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital yang mencederai semangat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa dan diisi dengan hal bermanfaat untuk kemajuan ekonomi, secara khusus ekonomi digital yang berkembang dari waktu ke waktu, kata Johnny G Plate penuh semangat.

Terakhir, Menteri menyampaikan bahwa tangguh dalam kebersamaan untuk memulihkan ekonomi nasional. Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan adalah ekonomi digital. Di tengah pandemi, bisnis dagang berbasis digital ini bahkan diproyeksi tumbuh 33,2 persen dari 2020 yang mencapai Rp253 triliun menjadi Rp337 triliun pada tahun 2021. Peningkatan jumlah transaksi lewat e-commerce juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah dalam mendorong akseptasi digital kepada masyarakat, serta terus mengakselerasi perkembangan fintech dan digital banking, pungkasnya.

Usai mengikuti upacara secara digital, Bupati Sergai Darma Wijaya mengemukakan bahwa semangat kebangkitan nasional tentu mengingatkan dan mengajari kita akan semangat selalu optimis dalam menghadapi masa depan. Khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini, lanjut Bupati, tentu akan mengubah kebiasaan-kebiasaan kita yang sebelumnya kita selalu berinteraksi fisik, namun saat ini dengan kemajuan teknologi dapat dilakukan secara virtual.

“ Semoga dengan momentum kebangkitan nasional ini, semangat untuk melakukan berbagai aktivitas dan membangun serta meningkatkan perekonomian menuju Indonesia digital semakin maju,” tandas Bupati Sergai. MC Sergai/rini/ardi/chan/vivi

262 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *