Sebentar Lagi, 2 Desa di Kecamatan Sei Rampah Alih Status Jadi Kelurahan

Sei Rampah,

Setelah 17 tahun mekar dari Kabupaten Deli Serdang, Desa Sei Rampah dan Firdaus yang terletak di Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) akan berubah status menjadi kelurahan.

Rencana tersebut menjadi bahasan utama dalam Rapat Finalisasi Penetapan Prioritas Penataan Desa di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (07/06/2021).

Wabup Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, yang hadir dalam kegiatan ini menyatakan jika sudah saatnya kedua desa tersebut beralih status menjadi kelurahan mengingat letaknya yang ada di ibukota kabupaten.

“Tujuan dari peralihan status desa ke kelurahan ini tentu agar menambah kemajuan dan kemakmuran masyarakat Sei Rampah. Selain itu, perubahan ini juga penting mengingat Desa Firdaus juga merupakan pusat roda pemerintahan kabupaten,” ungkap Adlin Tambunan.

Faktor lain yang menjadi pendorong rencana ini, masih kata Adlin, adalah status kedua desa tersebut yang merupakan pusat perdagangan dan secara kuantitas penduduknya tergolong padat. Hal tersebut sudah memenuhi syarat sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

“Dalam proses realisasinya, tentu saja diperlukan persiapan. Maka dari itu saya meminta agar pihak-pihak yang terlibat yaitu PMD, Bappeda, BPKA, hingga Camat Sei Rampah dan instansi terkait lainnya segera melakukan kajian yang komprehensif dan juga aktif melaksanakan sosialisasi. Semoga nantinya perubahan status ini bisa berdampak positif bagi masyarakat luas dan Kabupaten Sergia,” tandas Adlin.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Sergai H. Ikhsan, AP, MAP, mendukung penuh rencana perubahan status dua desa di Sei Rampah menjadi kelurahan.

“Ini memang perlu dilakukan karena faktor-faktor yang sebelumnya sudah disampaikan oleh Pak Wabup. Akan tetapi ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan terutama masalah batas wilayah. Untuk itu kami dari PMD berharap seluruh pihak yang terlibat dalam rencana ini saling bersinergi dan bekerja sama menuntaskan hal-hal yang menjadi tantangan dan kendala ke depannya,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj. Nina Deliana Hutabarat S.Sos, M.Si, Asisten Administrasi Umum Hj. Irwani Jamilah, SH, Kepala BPN Sergai Joko Sutari, SH, Kepala BPKA Rusmaini Purba, SP, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Sergai H. Akmal, AP, M.Si dan perwakilan OPD lainnya. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *