Sergai Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021

Sipispis,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Sosial (Ekbangsos) Ir H Kaharuddin, MM, menghadiri acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis, Selasa (22/6/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai melalui Asisten Ekbangsos, H. Kaharuddin menyampaikan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 ini mengusung tema ” Ekosistem Restoration ” saatnya untuk dapat dilakukan penyesuaian dalam berpikir dan bertindak.

” Kita tidak bisa mengembalikan waktu tapi kita bisa menanam pohon menghijaukan alam dan lingkungan mengubah pola konsumsi membersihkan sungai dan pantai serta berbagai aktivitas positif lainnya dalam menjaga dan merawat lingkungan kita adalah generasi yang berdamai dengan alam,” ungkapnya.

Peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2021 ini, katanya lagi, merupakan sarana yang penting dalam meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan. Untuk kita ketahui bersama, berbagai upaya yang telah dilakukan Pemkab Sergai dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga dalam upaya pelestarian dan pemeliharaan lingkungan hidup baik melalui instansi pemerintah, swasta dan masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan Asisten Ekbangsos, peringatan hari lingkungan hidup ini, diselenggarakan dengan dukungan seluruh instansi jajaran Pemkab Sergai yang diharapkan dapat menjadi perwujudan dari visi. Salah satu bentuk nyata yaitu telah dibentuknya petugas kebersihan (tim merah) untuk membantu petugas yang sudah ada selama ini, mereka siap ditugaskan untuk menjaga kebersihan lingkungan Kabupaten Sergai, Instansi pemerintahan, kecamatan, desa dan masyarakat.

” Atas nama Pemkab Sergai kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini dan tentunya kita berharap ini mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sehingga apa yang menjadi harapan kita untuk mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik dan berkualitas dapat terlaksana,” terangnya.

Melalui Asisten Ekbangsos Bupati juga menitipkan harapan dengan momentum hari lingkungan hidup sedunia ini dapat menambah semangat kita untuk senantiasa terus memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan yang sangat membutuhkan dukungan dan keterlibatan para pemangku kepentingan, khususnya di tingkat lokal, sehingga masyarakat berdaya dalam mengatur dan mengelola lahan tempat mereka dengan lebih baik,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Sergai dr. M. Riski Ramadhan mengemukakan jika Tuhan sudah menciptakan sumber daya yang sangat luar biasa. Dengan demikian kita harus bisa menjaga dan melestarikannya.

“Dengan gerakan yang dilakukan Bupati Sergai dengan membentuk tim merah yang akan membersihkan Kabupaten Sergai. Kami juga sangat mendukung program itu dengan tujuan untuk mewujudkan Sergai yang bersih dan nyaman sehingga mewujudkan visi yang Mandiri, Sejahtera dan Religius,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, H. Panisean Tambunan melaporkan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini saatnya untuk dapat dilakukan penyesuaian berfikir dan bertindak. Kita tidak bisa mengembalikan waktu tapi kita bisa menanam pohon untuk menghijaukan lingkungan kita.

Adapun tujuannya adalah memberikan informasi dan pendidikan mengenai pentingnya menjaga lingkungan serta mendorong masyarakat di Sergai dalam upaya melestarikan lingkungan hidup.

“Tim Merah merupakan gagasan dari Bupati kita dan hari ini akan diberikan buku tabungan kepada Tim Merah yang telah bekerja keras untuk membersihkan lingkungan. Dalam kesempatan ini juga kita akan melakukan penaburan benih ikan dan menanam pohon produktif di areal Wisata Batu Nongol,” kata Kadis Lingkungan Hidup, Panisean Tambunan.

Hadir dalam acara, Wakil Ketua DPRD Sergai Merlin Barus, unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisiten, Kepala OPD, Camat, Kades se- Kecamatan Sipispis tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. MC Sergai/Rini/Ardi/Vichan/Vivi

488 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *