Buka LP3PKK, Bupati Sergai: “Kader PKK Harus Melek Teknologi”

Sei Rampah,

Untuk meningkatkan kemampuan teknis para kader-kadernya, TP-PKK Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menyelanggarakan Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (LP3PKK), yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (12/07/2021).

Membuka arahannya, Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang didampingi Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP mengajak kaum perempuan harus mampu menjadi penggerak dan pendongkrak perekonomian keluarga.

“PKK yang unggul mampu secara langsung mempengaruhi peningkatan kesejahteraan keluarga. Maka dari itu kader PKK harus memiliki kemampuan berdaya unggul,” ucap Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.

Maka dari itu, sebut Bupati, seluruh kader yang ikut dalam pelatihan ini harus betul-betul memanfaatkan pelatihan dan menyerap ilmu yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Selanjutnya, ilmu dan kemampuan praktis yang didapat dari pelatihan ini agar nantinya dapat diaplikasikan di tengah masyarakat. Latihan ini nantinya juga diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada seluruh kader PKK perihal bagaimana menggerakkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan yang bisa dimanfaatkan oleh kaum perempuan. Ingat, di balik seorang pria yang sukses, ada perempuan hebat yang jadi pendorong,” tegas Bupati.

Tak lupa, Bupati juga menekankan pentingnya penguasaan teknologi bagi para kader PKK karena di tengah pandemi, yang banyak membatasi seperti saat ini, kemampuan penguasaan teknologi akan membantu dalam melaksanakan berbagai aktivitas produktif.

“Peningkatan kesejahteraan keluarga juga akan semakin besar peluangnya jika didukung dengan melek teknologi. Apalagi saat ini Sergai dalam wacana penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sedikit banyak aktivitas kita akan dibatasi. Maka dari itu kita bisa memaksimalkan penggunaan teknologi, misalnya sekarang, kita tetap bisa mengikuti kegiatan pelatihan meskipun terpisah jarak lewat penggunaan aplikasi virtual,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Sergai Hj. Rosmaida Seragih Darma Wijaya, menyebut jika kader PKK adalah ujung tombak dan salah satu garda terdepan dalam usaha pemberdayaan masyarakat.

“Sehingga perlu untuk memberi pembekalan pengetahuan dan keterampilan dalam menyikapi perkembangan teknologi. Selain itu saya juga berharap agar para kader bisa memaksimalkan peran PKK guna meningkatkan dan memberdayakan masyarakat melalui gerakan 10 program pokok PKK,” ucapnya lagi.

Rosmaida menjelaskan, adapun 10 program pokok PKK adalah Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

“Semoga pelatihan ini bisa menjadi bekal penting dalam menghadapi pandemi Covid-19. Semoga di tengah situasi penuh tantangan seperti sekarang, para kader mampu menjalankan tugas dan fungsi terutama dalam meningkatkan keterampilan demi mendukung terwujudnya Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius,” tukas Rosmaida.

Sebelumnya di kesempatan yang sama, Ketua Panitia yang juga Ketua GOPTKI, Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan melaporkan jika kegiatan ini diikuti oleh 170 peserta yang hadir langsung maupun menyaksikan secara virtual lewat Zoom meeting.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini agar para Ketua dan Kader PKK di tingkat kecamatan dan desa bisa makin menguasai tugas dan fungsinya masing-masing serta meningkatnya pengetahuan TP PKK Desa terkait pelaksanaan 10 program pokok PKK,” bebernya.

Kegiatan ini  juga dihadiri Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Narasumber dari PKK Provinsi Sumatera Utara Nirman Subhan serta sejumlah Kepala Dinas dan Kader PKK Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Sergai. MC Sergai/rini/ardi/chan/vivi/julia

2.547 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *