Wabup Sergai Lakukan Peletakan Batu Pertama Penambahan  Ruangan Puskesmas Sialang Buah

Teluk Mengkudu,

Usai melaksanakan kegiatan Gerakan belanja kebutuhan dapur dan harian di Pasar Rakyat (Gerebek Dahsyat), Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP melanjutkan giatnya dengan melakukan Peletakan Batu Pertama Penambahan Ruangan UPT Puskesmas Sialang Buah, Desa Pasar Baru, Kecamatan Teluk Mengkudu, Senin (2/8/2021).

Disela-sela kegiatan, Wabup H Adlin Tambunan menyampaikan bahwa dalam mewujudkan visi misi Bupati dan Wakill Bupati yang “ Maju Terus “ ; mandiri, sejahtera dan religius, telah dibangun ruas jalan sepanjang 8 km di Kecamatan Teluk Mengkudu dan kali ini kita bangun lagi penambahan ruangan Puskesmas yang diharapkan menjadi  tempat pelayanan terbaik di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“ Alhamdulillah, hari ini kita menambah fasilitas kesehatan (faskes) di Puskesmas ini, demi meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Puskesmas ini kita canangkan melayani 24 jam dengan fasilitas rawat inap bagi pasien dan dilayani oleh dokter umum. Tersedia layanan persalinan, poliklinik dengan alur sehat dan poliklinik alur sakit sehingga tidak menginfeksi orang yang sehat,” rinci Adlin.

Wabup juga mengimbau, saat masih dalam suasana pandemi Covid-19, oleh karenanya, kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi prtokol kesehatan demi memutus pandemi asal Wuhan.

Pembangunan faskes Puskesmas ini, lanjut Wabup Sergai, untuk tahun kedepannya akan kita rencanakan di Kecamatan Kotarih dan Pantai Cermin.

Selanjutnya Wabup juga berkesempatan melihat bestek pembangunan Puskesmas, ruang parkir dan genset dengan didampingi oleh konsultan. Seain itu, Wabup Adlin juga menyapa para pekerja sembari menghimbau untuk mengutamakan keselamtan kerja dan tetap menjalankan prokes.

Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes dalam laporannya mengatakan pembangunan Puskesmas ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang sudah terlaksana sejak 4 (empat) tahun terakhir diantaranya telah dibangun Puskesmas Tanjung Beringin, Puskesmas Rawat Inap Desa Pon, Puskesmas  Sipispis, Puskesmas Pangkalan Budiman, Gudang Farmasi, Puskesmas Perbaungan, Gedung TSC Pusat Aduan Kegawatdaruratan,.

“ Tahun ketahun pembangunan faskes di Sergai semakin baik dengan penambahan fasilitas rawat inap, gudang obat, peremajaan fasilitas dan alat kesehatan serta sekarang ini dibangun penambahan ruangan fasilitas rawat inap di Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu,” lapornya.

Ia menyebut, Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu ini ditargetkan selesai 150 hari kerja yaitu mulai 23 Juli 2021 sampai akhir Desember 2021 dengan menelan anggaran Rp. 7,6 Miliar, tutupnya.

Hamadi, warga Desa Pasar Baru mengutarakan, jika masyarakat sekitar menyambut baik dengan hari yang gembira terkait penambahan ruangan Puskesmas ini.

“ Kami doakan agar  Bupati dan Wabup serta seluruh jajaran Pemkab Sergai selalu sehat dalam membangun daerah  serta mendukung seluruh program pembangunan yang dicanangkan di Kabupaten Sergai,” ujar Hambali.

Turut hadir adalam kegiatan, Ketua GOPTKI Sergai Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Asisten Pemum dan Kesra Hj Nina Deliana, M.Si, Muspika Kecamatan Teluk Mengkudu, jajaran Dinas Kesehatan dan jajaran Puskesmas Sialang Buah. MC Sergai/rini/ardi/chan/vivi/julia

407 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *