Sergai Kembali Gelar Vaksinasi, Sasar 1.500 Peserta

Tebing Tinggi,

Sebagai bentuk percepatan penanganan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali melaksanakan gebyar vaksinasi. Vaksinasi kali ini merupakan gelaran tahap ke-II yang menyasar kecamatan yang berada di wilayah hukum Polres Tebing Tinggi yaitu Kecamatan Sipispis, Kecamatan Dolok Merawan, Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Bandar Khalifah serta Kecamatan Tebing Syahbandar dan berlangsung di SMAN 01 Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (09/08/2021).

Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes melaporkan bahwa gelaran vaksinasi massal kali ini diperuntukkan untuk Bhayangkari, guru dan masyarakat dengan total sasaran sebanyak 1.500 peserta.

“Vaksinasi hari ini merupakan tahapan kedua setelah sebelumnya sudah dilaksanakan tahap pertama. Kita ketahui bersama, vaksinasi ini merupakan salah satu langkah strategis yang dicanangkan oleh pemerintah untuk menangani pandemi yang sampai saat ini masih menjadi tantangan nasional,” ucap dr. Bulan.

Kadis Kesehatan melanjutkan, berdasarkan zonasi sebaran pandemi, saat ini Kabupaten Sergai ada dalam zona oranye. Artinya, kata dr. Bulan, Sergai ada dalam tingkat risiko sedang di mana secara umum risiko penyebaran Covid-19 ada pada level tinggi dan potensi virus tidak terkendali.

 “ Selain penerapan protokol kesehatan (prokes) dan implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), urgensi vaksinasi menjadi semakin tinggi di tengah situasi Kabupaten Sergai yang masuk zona oranye,” terangnya lagi sambil menambahkan jika tujuan utama pelaksanaan vaksinasi adalah menciptakan situasi herd immunity atau kekebalan komunal.

Kepada masyarakat dr. Bulan berharap agar ikut berperan aktif serta tak ragu berpartisipasi menyukseskan program vaksinasi.

“ Masyarakat jangan takut divaksin. Informasi keliru yang beredar perihal vaksinasi nyatanya tidak terbukti. Malah vaksinasi ini merupakan ikhtiar kita untuk melindungi diri kita, keluarga kita dan lebih luas lagi, untuk melindungi masyarakat umum,” ucapnya.

Terakhir, dirinya juga tak lupa mengingatkan agar warga yang sudah menjalani vaksinasi tahap kedua tidak langsung menganggap dirinya kebal terhadap virus Covid-19.

“ Sudah ikut vaksinasi bukan berarti kita tidak bisa terinfeksi virus. Maka dari itu, untuk masyarakat yang sudah vaksin supaya tetap ingat menjalankan prokes secara disiplin,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan vaksinasi ini Kapolsek Tebing Tinggi AKP. Dhoraria S. Sanjuntak,S.H,M.H beserta jajaran, para Camat, para Kepala Puskesmas serta para peserta vaksinasi.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

380 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *