Sergai – JHPIEGO Gelar Workshop Sosialisasi Program KBPP

Deli Serdang,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Sosialisasi Penyusunan Rencana Kerja Program Pelayanan Keluarga Berencana Pasca Persalinan (KBPP) bertempat di Prime Plaza Hotel Kualanamu Kabupaten Deli Serdang.

“ Kegiatan ini diprakarsai oleh JHPIEGO yang merupakan organisasi kesehatan nonprofit Internasional yang berafiliasi dengan The John Hopkins University,  berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 21-22 September 2021 dan dibuka oleh Bupati Sergai H Darma Wijaya yang diwakili Asisten Ekbangsos Ir H Kaharudin, MM,” kata Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai Drs H Akmal, AP, M.Si di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (24/9/2021).

Disampaikan Kadis Kominfo, bahwa Bupati melalui Asisten Ekbangsos saat membuka kegiatan menyampaikan jika KBPP merupakan terobosan baru dalam upaya meningkatkan capaian pelayanan Keluarga Berencana (KB) kepada masyarakat dan perlu kerjasama yang sinergis antara Dinas P2KBP3A, Dinas Kesehatan serta Rumah Sakit dalam meningkatkan cakupan pelayanan KB. Hal ini, kata Bupati lagi, karena adanya permasalahan yang menyebabkan angka kematian ibu dan bayi, maka perlu untuk menyosialisasikan, promosi dan konseling KBPP, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)  dengan melibatkan berbagai lintas sektor, katanya.

Akmal menyebut, Tujuan dari KBPP adalah untuk mengatur jarak kehamilan atau kelahiran dan menghindari kehamilan yang tidak diinginkan sehingga Setiap keluarga dapat merencanakan kehamilan dengan aman dan sehat.

“ Bapak Bupati juga mengharapkan adanya beberapa kesepakatan melakukan perluasan dan peningkatan terhadap pelayanan KB khususnya peserta KB pasca persalinan melalui  kesepahaman bersama antara OPD dan fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Sergai sekaligus perlu mengatur secara prosedur pelayanan yang prima,” kata Akmal.

Bupati Sergai juga mengucapkan terima kasih kepada JHPIEGO yang telah memprakarsai sekaligus mendanai beberapa kegiatan dalam upaya meningkatkan SDM di bidang kesehatan dan keluarga berencana untuk meningkatkan cakupan pelayanan KB khususnya cakupan pelayanan KB pasca persalinan termasuk kegiatan ini.

“ Pemkab Sergai tetap berkomitmen dan terus bersinergi dengan lembaga dan sektor terkait untuk memprioritaskan program yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM yang cerdas, sehat, unggul, beriman dan bertaqwa dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang Mandiri Sejahtera dan Religius,” pungkas Akmal.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut, unsur dari Dinas Kesehatan Privinsi Sumut, jajaran Dinas Kesehatan Sergai, TP PKK Sergai, OPD terkait, RSUD Sultan Sulaiman, BPJS Kabupaten Sergai, Organiasai Profesi Perkumpulan Obstetri dan Gykenologi Indonesia (POGI), Organisasi Profesi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Organisasi Profesi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Organisasi Profesi Forum KIA Kabupaten Sergai. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

14 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *