Peringatan HKG Ke-49, Wabup Adlin Tambunan: “Maksimalkan Peran Berdayakan PKK”

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan hadir peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-49 yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (5/10/2021).

Membuka sambutannya, Wabup Adlin Tambunan menyampaikan gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga yang beriman, berakhlak mulia, berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

“ Berkaitan dengan tema HKG PKK ke-49 tahun ini yaitu keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju, kami berharap TP-PKK dan kadernya harus tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup,” ucapnya.

Gerakan PKK, lanjut Wabup, diharapkan dapat menginisiasi keluarga-keluarga di Indonesia untuk melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional.

Adlin Tambunan menyebut, di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini harus tidak menyurutkan semangat untuk Maju Terus membangun Kabupaten Sergai dan PKK harus tetap bersemangat melaksanakan 10 program pokok PKK dengan sungguh-sungguh.

“ Diharapkan kepada seluruh pengurus agar memaksimalkan perannya masing-masing dalam memberdayakan PKK ini serta bermitra baik dengan perangkat daerah terkait. Kami ucapkan selamat HKG PKK ke-49. Semoga gerakan PKK dapat menginspirasi keluarga-keluarga di Indonesia khususnya Kabupaten Sergai untuk melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menyampaikan beberapa pesan di antaranya terkait tujuan dilaksanakannya acara peringatan HKG ini yaitu untuk mengenang sejarah lahirnya PKK sehingga timbul motivasi dalam diri setiap kader guna mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup.

“Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah lomba kategori tertib administrasi, Hatinya PKK dan UP2K dengan hasil yang diharapkan yaitu gerakan PKK mampu memotivasi keluarga-keluarga Indonesia khususnya Kabupaten Sergai melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional,” ucapnya.

HKG, lanjutnya, memiliki arti penting dalam implementasi 10 program pokok PKK. Di tahun ini tema HKG, ucapnya lagi, adalah “Keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia Maju”.

“ PKK memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak-anak. Wujud peran strategis gerakan PKK dalam membantu tugas pemerintah, dapat terlihat dari 10 program PKK yang sangat bersinergi dan selaras dengan program-program yang dilaksanakan pemerintah,” tambahnya.

Rosmaida berharap, melalui sinergitas program ini, TP-PKK dapat menjalankan fungsi dan perannya dengan baik dan dapat membangun kemitraan bersama perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Sergai.
Lanjutnya lagi, saat ini merupakan masa yang sangat sulit di mana pandemi Covid-19 masih bercokol. Namun demikian dirinya percaya bahwa seluruh pihak selalu dapat bersinergi mengatasi segala permasalahan secara bersama-sama.

“ TP-PKK akan berupaya maksimal dalam mendukung pelaksanaan seluruh program pembangunan walaupun dengan berbagai keterbatasan yang ada. Tak lupa kami juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama serta pendampingan dan fasilitasi yang dilakukan oleh OPD Kabupaten Sergai,” tuntasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Peringatan HKG PKK ke-49, Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy dalam laporannya menyampaikan jika kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari di Aula Sultan Serdang dan disaksikan secara virtual pada enam titik yang tersebar di Kabupaten Sergai.

Ia merinci, para peserta adalah seluruh pengurus TP-PKK Sergai, seluruh pengurus TP-PKK kecamatan dan desa se-Kabupaten Sergai dan para Kepala Desa pemenang lomba serta kepala OPD terkait yang seluruhnya berjumlah 350 orang.

Adapun lomba yang diadakan terbagi ke dalam 4 kategori dengan rincian pemenang yaitu Desa Terbaik Lomba Tata Tertib Administrasi PKK tahun 2021, dimenangkan oleh Desa Kuala Bali Kecamatan Serbajadi, juara 2 Desa Pagar Manik Kecamatan Silinda, dan juara 3 Desa Marihat Dolok Kecamatan Bintang Bayu.

Selanjutnya untuk kategori Desa Terbaik Lomba Hatinya PKK Tahun 2021 dimenangkan oleh Desa Sarang Giting Kecamatan Dolok Masihul, juara 2 Desa Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan, dan juara 3 Desa Bendarawan Kecamatan Dolok Merawan. Lalu untuk kategori Desa Terbaik Lomba UP2K PKK Tahun 2021 dijuarai oleh Desa Siahap Kecamatan Bintang Bayu, juara 2 Desa Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul dan juara 3 Desa Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin.

Terakhir untuk kategori Desa Terbaik Lomba IVA Test Tahun 2020 peringkat satu adalah Desa Pematang Kasih Kecamatan Pantai Cermin, juara 2 Desa Tanah Besi Kecamatan Tebing Syahbandar dan juara 3 diraih oleh Desa Karang Tengah Kecamatan Serbajadi. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

209 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *