Wabup Sergai Dukung UMA Kembangkan Kawasan Agro Techno Park di Sergai

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP didampingi Asisten Pemum dan Kesra Hj Nina Deliana Hutabarat, S,Sos, M.Si menerima kunjungan Civitas Akademi Universitas Medan Area (UMA) di ruang kerja Wabup Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (11/10/2021).

Kedatangan jajaran UMA adalah ingin menjadikan Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat sebagai pilot project (proyek percontohan) pengembangan kawasan Agro Techno Park.

“ Kami mendukung apa yang diinginkan oleh pihak UMA, untuk menjadikan Sergai sebagai kawasan Agro Techno Park yang meliputi adanya kawasan pertanian, tanaman pangan dan peternakan terpadu, sejalan dengan visi misi Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan Bupati Darma Wijaya dan Wabup Adlin Umar Yusri Tambunan dan tertuang dalam Sapta Dambaan yakni Sekolah Mantab serta Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan.,” jelas Adlin Tambunan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Wabup lagi, hal yang harus dilakukan adalah membuat tim dari Pemkab Sergai dan UMA agar langsung dijalankan. Tentunya ini dapat mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius, kata Wabup dihadapan Kepala LP2M UMA, Sumhar Hutapea, Kapus PKM UMA, Asmah Indrawati, Dosen UMA, Ikbar Pratama, Sekretaris Bappeda, Surya Desa, Sekretaris Dinas Pendidikan, Agus Salim Berutu dan undangan lainnya.

Sebelumnya, Wakil Rektor IV, Zulheri Noer, menjelaskan jika UMA dan Pemkab Sergai sudah melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan untuk penelitian dan pengabdian masyarakat. Hal itu sejalan dengan arahan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Penelitian dan pengabdian untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat. Sebelumnya dulu kami juga sudah pernah membuat kawasan agro tecno park di Desa Sei Buluh sebagai desa binaan dengan menurunkan dosen serta mahasiswa langsung. Tetapi ini, kami mencari juga kawasan lain yang berpotensi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana UMA, Retno Astuti memaparkan konsep kawasan agro techno park ini yang sebelumnya telah dilakukan di Desa Sei Buluh. Kawasan itu harus sesuai untuk aspek teknis, ekonomi dan sosial.

” Kawasan tersebut bisa menjadi pusat inovasi teknologi tepat dan berguna, agrowisata, agribisnis yang memberi kontribusi positif terhadap masyarakat, ramah lingkungan dan berkelanjutan kerjasama dengan stakeholder,” tutupnya. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

394 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *