Wabup Sergai Ingatkan Masyarakat Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun

Pegajahan,

Dalam rangka Hari Cuci Tangan Sedunia, Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP menghadiri kegiatan 1.000 Arti Dari Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia Sumatera Utara (AMPI Sumut) bertempat di SD Negeri 1061871 dan SMP Negeri 3 Satu Atap, Kecamatan Pegajahan, Rabu (13/10/2021).

” Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Khususnya dimasa pandemi saat ini, mencuci tangan salah satu yang paling diterapkan guna mencegah penularan virus asal Wuhan,” kata Wabup Adlin Tambunan membuka sambutannya.

Lebih lanjut disampaikannya, jika kebersihan tangan sama pentingnya dalam mencegah penyakit dan menjaga kesehatan. Oleh karenanya, masa pandemi Covid-19, Pemkab Sergai selalu mengampanyekan untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan salah satunya adalah mencuci tangan dengan sabun kepada masyarakat,” katanya.

Terkait dengan posisi Sergai yang saat ini sudah berada di level 1 sesuai dengan asesmen situasi Kementerian Kesehatan RI, Wabup yakin bahwa semua ini dapat tercapai berkat adanya penerapan disiplin prokes yang baik.

Ia optimis jika hal ini terus terlaksana maka Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat bisa kembali ke zona hijau.

” Mari seluruh jajaran AMPI Sumut maupun Sergai agar berpartisipasi mengampanyekan disiplin prokes secara ketat,” ajaknya.

Terkait dengan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masa pandemi Covid-19 ini, Pemkab Sergai mewajibkan sekolah harus menyediakan sarana tempat mencuci tangan. Seperti halnya kegiatan 1.000 Arti Dari AMPI Sumut ini, diharapkan tidak hanya satu sekolah tetapi semua sekolah di Sergai,” ungkapnya.

” Kepada DPD AMPI agar dapat memberikan kontribusi nyata membantu pemerintah dalam membangun Kabupaten Sergai. Komunikasi pemerintah dan organisasi masyarakat, harus tetap terjaga,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD AMPI Sumut, dr David Luter Lubis, mengatakan kegiatan di SD Negeri 1061871 merupakan yang kedua dari 1.000 sekolah akan digelar di seluruh Sumut.

Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan .

Kegiatan dengan tema “Masa depan kita di tangan kita, mari beraksi untuk membuat cuci tangan pakai sabun nyata bagi semua” ini, diyakini bisa mencegah virus atau kuman di sekitar.

“Dengan kegiatan ini, saya yakin kita semua dapat mencegah virus-virus atau kuman yang ada di sekitar kita. 1.000 Arti ini semoga bisa membawa keoptimisan yang ada di Kabupaten Sergai. Karena optimis itu bukan hanya pola pikir tapi juga dengan perbuatan. Apa yang hari ini kita buat dapat melindungi kita dari penularan virus yang ada di sekitar kita,” tutupnya.

Pada kegiatan itu, Wabup Adlin Tambunan juga ikut membubuhkan cap tangan sebagai tanda mendukung mengampanyekan mencuci tangan dengan sabun.

Turut hadir pada acara itu, Camat Pegajahan, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, kepala sekolah SD Negeri 1061871 / SMP Negeri 3 Satu Atap, Kecamatan Pegajahan.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

211 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *