Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Pemkab Sergai Gelar BIK

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, hadir dalam kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang digelar di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (29/10/2021).

Dalam sambutan Bupati Sergai yang dibacakan oleh Sekdakab, menyampaikan jika kegiatan ini berlangsung berkat kolaborasi antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumbagut dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (Forkum IJK).

Ia melanjutkan, pemerintah daerah khususnya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Sergai menyelenggarakan rangkaian produk jasa keuangan dan literasi keuangan dengan tema “Inklusi Keuangan Untuk Semua, Bangkitkan Ekonomi Bangsa.”

“Kegiatan bulan inklusi keuangan ini sebagai upaya untuk meningkatkan awarness (kesadaran) masyarakat terhadap akses dan produk jasa keuangan serta mendukung pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada masa pandemi Covid-19,” katanya.

Ia melanjutkan, OJK bersama industri jasa keuangan terus berupaya mendorong akses keuangan kepada masyarakat yang diyakini bisa mendukung pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui inklusi keuangan yang memiliki peranan penting dan strategis sehingga diharapkan dapat menjadi solusi untuk mempercepat PEN akibat pandemi. BIK digelar sebagai salah satu upaya mendekatkan masyarakat dengan produk dan layanan keuangan. Dengan semakin terbukanya akses keuangan masyarakat, penggunaan produk dan layanan keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan akan meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Bupati.

Selanjutnya, Bupati berharap melalui kegiatan BIK, dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan, serta memberi kemudahan untuk membuka akses keuangan untuk sektor perbankan, pasar modal, perasuransian, lembaga pembiayaan, pegadaian, dana pensiun, fintech, serta e-commerce sehingga dapat memberikan dampak positif dalam mendukung PEN serta pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% pada akhir tahun 2024.

“Kegiatan BIK ini merupakan salah satu implementasi program kerja TPAKD Kabupaten Sergai sehingga dapat menjadi bahan laporan Triwulan IV TPAKD Kabupaten Sergai. Saya selaku Ketua TPAKD Sergai mengimbau kepada OPD terkait agar segera melaksanakan program kerja di instansinya yang sudah ditentukan dan melaporkan program kerja yang sudah dilaksanakan ke Bupati Sergai melalui Bagian Perekonomian Setdakab untuk dilakukan pendokumentasian pelaksanaan kegiatan dan dilaporkan ke Gubernur Sumut dan OJK,” tandasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan stimulus sarana usaha bagi 10 pelaku UMKM Sergai, kemudian bantuan premi asuransi, bantuan KUR Tani, bantuan Simpanan Pelajar, dan juga dirangkaikan dengan launching website TPAKD Kabupaten Sergai.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus MA, Kepala OJK Regional 5 Sumut yang diwakili Kabag Edukasi dan Perlindungan Konsumen Nurhapid, Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin, MM, para Kepala OPD dan perwakilan OPD terkait. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

244 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *