Bupati Sergai Dukung Pelantikan ABPEDNAS Dirangkai dengan Vaksinasi

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menerima audiensi Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di Ruang Kerja Bupati, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (2/11/2021).

Audiensi ABPEDNAS ini sendiri bertujuan untuk mengkoordinasikan keikutsertaan Bupati dalam pelantikan kepengurusan ABPEDNAS yang direncanakan terlaksana dalam waktu dekat.

Membuka sambutannya, Bupati menyampaikan harapannya agar silaturahmi ini bisa menjadi jalan untuk memperoleh makna yang berarti dalam pembangunan desa.

Bupati Sergai kemudian menyatakan dukungannya terhadap rencana pelantikan yang digagas oleh ABPEDNAS yang dirangkaikan dengan kegiatan vaksinasi.

“ Kalau kita rata-ratakan dalam satu desa ada 7 orang anggota BPD, dikali 237 desa se-Sergai, maka sudah ada total 1.659 orang yang bisa dilibatkan untuk ikut vaksin. Namun ini masih perlu dikoordinasikan dengan dinas terkait untuk status kepesertaannya apakah sudah vaksin atau belum,” katanya.

Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati, menerangkan kalau saat ini Sergai sedang gencar-gencarnya menargetkan terciptanya herd immunity. Dirinya menyebut, untuk mencapai hal tersebut diperlukan minimal angka 75% dari total warga yang jadi sasaran vaksin.

“Di Sergai ada sekitar 504 ribu warga yang perlu divaksin. Saat ini angka capaian masih sekitar 250 ribuan saja. Jadi kita perlu menggenjot lagi pelaksanaan program vaksinasi, salah satunya lewat acara pelantikan ini,” ucap Bang Wiwiek.

Ia memberi saran agar setiap anggota BPD yang belum divaksin bisa hadir dan membawa keluarga, minimal istri. Sedangkan bagi anggota yang sudah divaksin, bisa membawa minimal 2 orang warga, terutama lansia, untuk ikut divaksin di acara pelantikan ABPEDNAS nanti.

“ Saya ingin pelantikan nanti tidak sekadar sebagai acara seremoni saja. Tapi ada maknanya, ada artinya bagi pemerintah. Siapa tahu hal ini bisa menjadi contoh positif dan inspiratif bagi organisasi lain untuk kemudian meniru hal serupa. Kalau sudah begini, target capaian herd immunity di Kabupaten Sergai bisa tercapai lewat gotong royong ini,” harap Bupati.

Sebelumnya di kesempatan audensi ini Ketua ABPEDNAS Kabupaten Sergai Muliono menyampaikan jika pihaknya menyampaikan rencana awal tanggal pelantikan di 9 November 2021 yang digelar di Aula Sultan Serdang.

“ Acara ini rencananya diikuti dengan vaksinasi dan diharapkan Bupati bisa ikut hadir. Tentunya tanggal tersebut sifatnya tentatif dan bisa berubah menyesuaikan dengan jadwal Pak Bupati,” ucapnya.

Hadir juga dalam kegiatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, perwakilan dari OPD terkait dan para pengurus ABPEDNAS Sergai. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *