Dirangkai Dengan Pelaksanaan Vaksinasi, Sergai Resmi Gelar Kegiatan Promosi dan Sosialisasi K5  

Sei Rampah,

Upaya penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terus berlanjut. Salah satunya dengan tetap menggelar pelaksanaan vaksinasi bagi seluruh elemen masyarakat khususnya guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), kata Bupati H Darma Wijaya dalam sambutanya saat membuka kegiatan Promosi dan Sosialisasi Kelompok Kegiatan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga (K5- Menjadi Orang Tua Hebat, Generasi Berencana, Kelanjutusiaan serta Pengelolaan Keuangan Keluarga) Tahun 2021 di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Kamis (11/11/2021).

“ Kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut divaksin khususnya para guru PAUD. Kita bersyukur Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat saat ini sudah masuk level 1. Namun, katanya lagi, hal yang mesti tetap dijalankan dengan disiplin adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat, demi menekan pandemi agar segera berakhir sehingga kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa,”ungkapnya.

Bupati menyampaikan jika berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan, hingga kini warga Kabupaten Sergai yang sudah di vaksin sudah mencapai sekitar 52 persen dari total lebih kurang 504 ribu jumlah penduduk.

” Sudah mencapai sekitar 52 persen masyarakat yang sudah divaksin. Artinya sudah 260 ribuan warga kita sudah melaksanakan vaksinasi. Sisanya kita harap selesai ditahun ini, ungkap Bupati.

Ia menambahkan, jika seluruh masyarakat Sergai sudah divaksin. Oleh karenanya, ditahun depan kita tidak lagi membahas dan menangani soal vaksinasi. Sehingga kita bisa fokus pada pembangunan di Kabupaten Sergai.

” Kita ingin tahun depan tidak ada membahas vaksin lagi, tidak ada membahas virus asal Wuhan lagi. Tahun depan kita bahas pemulihan ekonomi nasional. Kita fokus membangun daerah yang kita cintai ini, termasuk meningkatkan kualitas pendidikan seiring berakhirnya pandemi Covid-19,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Bupati mengharapkan sinergisitas seluruh stakeholder terkait khususnya yang menyangkut pendidikan usia dini. Karna pendidikan usia dini sangat penting sebagai dasar anak sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,”tandasnya

Dalam kesempatanyang sama, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membina dan menumbuhkembangkan bakat, kreativitas dan ketrampilan anak sejak dini. Selain itu juga, untuk meningkatkan kecintaan terhadap tanah air serta meningkatkan kemampuan balita agar lebih mandiri. Dan khusus untuk generasi muda, diharapkan lebih maju, cerdas dan terampil sebagai generasi penerus bangsa, ujarnya.

Untuk mewujudkan itu semua, tentu dibutuhkan peran aktif orang tua dan masyarakat dalam pengasuhan anak.
“ Peran aktif tersebut diwujudkan dalam bentuk pendampingan dan perlindungan terhadap tumbuh kembang anak mulai dari balita sampai dewasa,”tandasnya.

Turut hadir Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Ny Uke Retno Faisal Hasrimy, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit dan Kadis PMD Ikhsan serta para guru PAUD di Sergai.

Berbagai Lomba Warnai Kegiatan

Kegiatan tersebut diwarnai dengan berbagai perlombaan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), antara lain; lomba mencuci tangan dengan sabun sebagai terbaik I dari Kecamatan Pantai Cermin, terbaik II Kecamatan Tanung Beringin dan terbaik III dari Kecamatan Dolok Masihul. Untuk lomba kreasi bekal sehat anak sekolah dengan peraih juara I dari Kecamatan Tanjung Beringin, juara II Kecamatan Sei Rampah dan juara III kecamatan Perbaungan.

Selanjutnya untuk lomba mewarnai dengan jari tangan, terbaik I dimenangkan oleh Kecamatan Tanjung Beringin, ruaran II Sei Rampah dan juara III Kecamatan Bandar Khalifah. Kemudian lomba bercerita, diraih oleh Kecamatan Dolok Masihul sebagai juara I, Bintang Bayu juara II dan Pegajahan juara III.

Kemudian, lomba stand up komedy tingkat Kabupaten Sergai peraih juara I dari Kecamatan Dolok Merawan, juara II dari Kecamatan Tanjung Beringin dan juara III dari Kecamatan Silinda.

Terakhir adalah lomba membuat konektor masker, keluar sebagai terbaik I dari Kecamatan Sei Rampah, terbaik II dari Teluk Mengkudu dan terbaik III dari Sipispis.

Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap agar para peserta melalui ajang kegiatan ini dapat lebih mengasah kemampuan untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas yang dimiliki.

“ Gali lah inovasi dan kreativitas, manfaatkan potensi yang ada disekeliling kita sehingga apa yang kita lakukan dapat bermanfaat untuk masyarakat luas,” tutupnya. MC Sergai/rini/ardi/chan/vivi/julia

378 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *