Bupati Sergai Dampingi Wagubsu Tinjau Korban Banjir

Sei Rampah,

Sinergitas Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam proses penanganan bencana banjir yang melanda beberapa kecamatan di Sergai, kembali terlihat saat Bupati Sergai H. Darma Wijaya menerima kunjungan kerja Wakil Gubernur Sumut H. Musa Rajekshah, S.Sos., M.Hum, di Kampung Pala Dusun VII, Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Selasa (16/11/2021).

Di sela-sela kegiatan kunjungan ini, Bupati yang didampingi Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemporvsu dalam sinergitas yang dijalin untuk bersama-sama menghadapi tantangan bencana alam ini.

“Banjir yang terjadi kali ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama karena aliran sungai yang menyempit, terkhusus di bagian hilir. Kemudian sedimen atau pendangkalan juga terjadi di sungai sehingga tampung air berkurang drastis. Ini ditambah dengan curah hujan yang sangat tinggi akibat cuaca ekstrim yang melanda,” papar Bupati Sergai.

Akumulasi dari faktor-faktor tersebut, jelas Bupati, menjadi sumber penyebab bencana banjir yang cukup besar tahun ini, meskipun permasalahan banjir merupakan tantangan yang tiap tahun rutin dihadapi oleh masyarakat Sergai.

Karena hal itu, Bupati mengatakan diperlukan koordinasi lintas lini untuk mencari solusi terbaik bagi penyelesaian masalah banjir tahun ini, salah satunya lewat normalisasi sungai.

“Alhamdullilah, Pak Wagub mengatakan akan melaksanakan koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) atau Kementerian PUPR untuk merembukkan masalah banjir ini dan mencari solusi terbaik. Sungai Rampah ini rencananya akan dikeruk agar menormalkan kembali debit aliran air,” ucapnya.

Sebelumnya, Wagubsu Musa Rajekshah menyebut bencana banjir kali ini tergolong lebih parah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini akibat cuaca yang makin ekstrim.

“Bagaimanapun kita harus bersiap. Kita akan kaji langkah apa saja yang harus diambil agar banjir ini tidak menjadi masalah berlarut-larut lagi,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini Musa Rajekshah juga berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama meminimalisir terjadinya banjir dengan tidak mendirikan pemukiman di bantaran sungai dan di lereng bukit.

“Mendirikan rumah di bantaran sungai dampaknya buruk. Hal yang sama juga kalau dilakukan di lereng gunung. Karena rawan longsor. Apalagi BMKG memprediksi, cuaca ekstrim masih terus berlanjut, setidaknya sampai akhir tahun ini,” ucapnya.

Tak hanya persoalan banjir, Wagubsu juga berharap dalam waktu dekat jalan provinsi yang melintasi Kabupaten Sergai dapat diperbaiki dalam waktu dekat.

“Jalan provinsi yang rusak akibat terdampak banjir Insya Allah akan diperbaiki. Namun terpenting untuk saat ini, prioritas adalah meringankan beban warga yang jadi korban banjir dan mencari solusi terbaik bagi permasalahan banjir ini,” pungkasnya.

Di kunjungannya ini, Wagubsu menyerahkan berbagai bantuan sembako dan makanan tambahan bagi anak, terpal dan lain sebagainya.

Dalam kunjungan ini, ikut pula mendampingi Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Jajaran OPD terkait dan Plt. Camat Sei Rampah. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

254 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *