Banjir Rusak Jembatan di Dolok Merawan, Wabup Sergai: “Pemkab Akan Segera Ambil Tindakan Pemulihan”

Sei Rampah,

Setelah meninjau kondisi banjir di Tebing Tinggi dan Tebing Syahbandar bersama Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya, Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP melanjutkan pantauannya ke lokasi jembatan yang rubuh di Kecamatan Dolok Merawan, Senin (22/11/2021).

Wabup Sergai menerangkan jika jembatan ini mengalami kerusakan setelah dihantam banjir yang terjadi pada Minggu dini hari (21/11) lalu, sehingga memutus akses jalan antara Dusun IV dan V Desa Dolok Merawan.

“Banjir yang menerjang tadi pagi merusak jembatan yang tidak hanya menghubungkan dua dusun, tapi juga Kabupaten Sergai dan Simalungun. Selain jembatan yang rusak, beberapa rumah warga juga terdampak bencana banjir ini,” ucap Wabup, didampingi Kadis PUPR Johan Sinaga, SE, MAP dan Camat Dolok Merawan Alfian Purba, SE, MM.

Wabup berkomitmen, kehadiran pihaknya secara langsung hari ini tidak hanya dalam rangka membawa bantuan sandang dan pangan kepada para korban, namun juga di saat yang sama berupaya mencari solusi terbaik agar fasilitas jembatan yang rusak dapat segera diperbaiki dan aktivitas masyarakat Desa Dolok Masihul bisa kembali normal.

“Rusaknya jembatan ini otomatis membuat akses jalan putus dan desa jadi terisolir. Pemkab Sergai akan segera mengambil tindakan untuk pemulihan kondisi jembatan, tentunya dengan aturan yang berlaku. Rencananya bulan Desember ini akan dilakukan proses lelang perbaikan. Target januari lelang selesai dengan estimasi proses pembangunan sekitar 3 bulan. Insya Allah jembatan akan dilapisi aspal dan semoga dapat segera memulihkan mobilitas warga,” paparnya.

Selain perbaikan jembatan, Wakil Bupati juga mengatakan proses penanggulangan banjir juga akan menjadi perhatian pihaknya.

“Penanganan bencana banjir ini juga akan menjadi perhatian kami agar kedepannya hal yang sama bisa diminimalisir atau bahkan dituntaskan sepenuhnya,” tegas Adlin Tambunan.

Kehadirannya pada hari ini, lanjutnya, merupakan bentuk perhatian pemerintah yang berusaha ada di tengah masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga warga yang terdampak bencana dikuatkan dan diberi kesabaran. Secepatnya kami berusaha memberikan solusi yang terbaik bagi permasalahan ini,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Desa Dolok Merawan Pujiono menceritakan jika jembatan tersebut runtuh pasca hujan deras yang mengakibatkan banjir dan menghantam bangunan jembatan.

“Kejadiannya sekitar jam 2 dini hari. Selain jembatan rusak, ada 20 orang kepala keluarga yang terdata ikut terdampak banjir,” ungkapnya. MC Sergai Rini/Ardi/Vichan/Vivi/Julia

734 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *