Ketua TP-PKK, Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD Kecamatan di Sergai Resmi Dilantik

Serba Jadi,

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya hadir dalam pelantikan Ketua TP-PKK Kecamatan Sei Rampah, Kotarih dan Serba Jadi bertempat di Aula Kantor Camat Serba Jadi, Senin (29/11/2021).

Membuka sambutannya, Ketua TP-PKK Hj. Rosmaida menyampaikan keberadaan kaum perempuan yang terwadahi dalam organisasi TP-PKK memiliki peran strategis selaku dinamisator program dan kegiatan dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak-anak.

“ Saya berharap agar selain menjadi dinamisator program dan kegiatan, TP-PKK Kecamatan juga terus membina para kader, kelompok-kelompok PKK dan Dasawisma serta masyarakat luas agar terus bersemangat, berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui gerakan PKK,” ucapnya.

Selanjutnya, Rosmaida menyebut, kondisi pandemi menyebabkan proses pembangunan mengalami perubahan. Sehingga untuk itu, katanya lagi, dukungan TP-PKK sangat diperlukan untuk mendukung kiprah dan keberlanjutan usaha-usaha yang sebelumnya sudah dirintis.

Terakhir, ia berharap seluruh Ketua TP-PKK dapat berperan aktif dan mengikuti kegiatan Camat juga segera melaksanakan program-program terkait.

“ Hal ini dalam rangka mendukung pencapaian visi Kabupaten Sergai yaitu Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

Adapun Ketua TP-PKK Kecamatan yang dilantik adalah Ny. Monalisa Rahmat Suhendra sebagai Plt. Ketua TP-PKK Kecamatan Sei Rampah, Ny. Rohinim Maningar Manurung sebagai Ketua TP-PKK Kecamatan Kotarih dan Ny. Sri Mulyani Suyadi Ketua TP-PKK Kecamatan Serba Jadi.

Di hari yang sama, Rosmaida Darma Wijaya dalam kapasitasnya sebagai Ketua Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sergai, juga melantik dan mengukuhkan Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD di tiga titik berbeda yaitu di Kecamatan Serba Jadi, Sei Rampah dan Tebing Tinggi untuk masa bakti 2021-2026.

Rosmaida menyampaikan jika Bunda PAUD kecamatan mempunyai peran penting untuk mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung pembinaan penyelenggaraan dan pengembangan layanan PAUD yang berkualitas.

“ Kecamatan juga berperan dalam memotivasi pengelola, penyelenggara serta guru dan tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan layanan PAUD yang berkualitas. PAUD merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga dan pemerintah dalam konteks memberikan kepastian hukum terhadap pelaksanaan PAUD, mengeluarkan aturan, pedoman, dan standardisasi teknis pelaksanaan dalam rangka penjaminan mutu dan perlindungan tumbuh kembangnya masyarakat, mendorong lembaga PAUD melalui pembinanan dan fasilitasi memberikan subsidi bagi lembaga yang membutuhkan serta memberikan bantuan teknis dan pelatihan,” terangnya.

 

Masih lanjut Bunda PAUD Sergai, pengukuhan Pokja Bunda PAUD kecamatan ini dalam rangka menyukseskan program nasional dalam gerakan PAUD yang berkualitas yang juga merupakan mitra kerja dalam pengembangan PAUD di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“ Bunda PAUD juga berperan dalam mendorong peningkatan pengawasan di wilayah kerjanya terutama yang terkait dengan proses pembelajaran dan bahan yang bebas dari kekerasan fisik, radikalisme, pornografi dan SARA,” sebutnya lagi.

Terakhir, dirinya berharap agar Bunda PAUD kecamatan yang baru saja dikukuhkan, bisa dapat selalu memotivasi masyarakat dan pejabat pemangku kepentingan di tingkat kecamatan dan desa terkait pentingnya PAUD dan mewujudkan PAUD yang berkualitas dengan layanan PAUD Holistik Integratif.

Adapun Bunda PAUD yang dilantik dan dikukuhkan oleh Rosmaida Darma Wijaya di tiga 3 lokasi adalah pada pukul 09.00 di Kantor Camat Serba Jadi yaitu Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD Serba Jadi, Dolok Masihul, Bintang Bayu, Kota Rih dan Silinda. Kemudian pukul 14.00 di Kantor Camat Tebing Tinggi yaitu Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD Tebing Tinggi, Tebing Syahbandar, Dolok Merawan, Bandar Khalifah, Sipispis dan Sei Bamban. Terakhir pukul 16.00 di Kantor Camat Sei Rampah Pokja Bunda PAUD Sei Rampah, Teluk Mengkudu, Tanjung Beringin, Pantai Cermin, Pegajahan dan Perbaungan.

Acara pelantikan dan pengukuhan ini juga disertai dengan pemasangan selempang, penyematan pin Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, para pengurus TP-PKK dan Bunda PAUD Sergai. (MC Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Julia)

37 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *